Pengaruh Program I’datut Ta’lim Kurikulum Al-Azhar Kairo Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Kelas X Smas It Diniyyah Al-Azhar Jambi

Rodiansyah, Wahyu (2024) Pengaruh Program I’datut Ta’lim Kurikulum Al-Azhar Kairo Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Kelas X Smas It Diniyyah Al-Azhar Jambi. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
TESIS fi pengsahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (60kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (285kB)
[img] Text
perseetujuan.pdf

Download (409kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
bab V.pdf

Download (127kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (131kB)

Abstract

SMAS IT Diniyyah Al-azhar jambi menerapakan kurikulum internasional dalam bidang keagamaan yaitu kurikulum al-azhar kairo mesir yang berfokus pada mata pelajaran agama islam, bahasa arab, dan tahfidz. Setiap buku ajar yang digunakan menggunakan bahasa pengantar bahasa arab. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Program i’datut ta’lim dalam meningkat nilai bahasa arab siswa kelas X SMAS IT Dinyyah Al-azhar Jambi, Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAS IT Diniyyah Al-azhar Jambi sebanyak 96 siswa. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa test. Penelitian ini menggunakan uji prasyarat sebelum melakukan uji hipotesis yaitu uji normalitas dengan bantuan SPSS 25 yang terbukti semua data normal dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 serta uji homogenitas dengan bantuan SPSS 25 terbukti semua data homogen dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Program I’datu ta’lim dapat meningkatkan nilai bahasa arab siswa kelas X SMAS IT Diniyyah Al-azhar Jambi dibuktikan dengan peningkatan nilai pre-test rata-rata 9 atau 45% dan nilai post-test rata-rata 16 atau 80 % terjadi kenaikan 35 % dan juga di buktikan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample test dengan nilai signifikansi t hitung 0.000 lebih kecil dari t tabel 0.05 dalam artian hipotesis peneliti di terima

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Wahyu Rodiansyah
Date Deposited: 16 Jul 2024 06:50
Last Modified: 16 Jul 2024 06:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68153

Actions (login required)

View Item View Item