Faraskhasani, Haya Nur and Sofyan, Hendra and Indriyani, Indriyani (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO "LAGU" SEBAGAI MEDIA EDUKASI WASPADA COVID-19 PADA ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI KB NUR KHALIFAH KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK (Skripsi Haya).pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
BAB I (Skripsi Haya).pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
BAB V (Skripsi Haya).pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
cover haya.pdf Download (584kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA (Skripsi Haya).pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
Skripsi_Haya Nur Faraskhasani_A1F117009_FINAL (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan Haya.pdf Download (508kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi diperoleh bahwa penerapan media audio lagu sebagai media edukasi waspada covid – 19 pada anak mengalami peningkatan perkembangan yang cukup baik. Dalam melaksanakan pembiasaan masih ditemukan anak yang perilakunya dalam waspada covid – 19 masih dalam kategori capaian yang rendah. Seperti saat akan mencuci tangan secara bersamaan masih ada anak yang menunda dan tidak mau muncuci tangannya, masih ada anak yang lupa menerapkan etika batuk dan bersin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan media audio lagu sebagai media edukasi waspada covid – 19 pada anak usia 5 – 6 tahun di KB Nur Khalifah Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi partisipatif pasif, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu ada 1 orang guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencegahan waspada covid – 19 melalui penggunaan media audio lagu memberikan dampak positif bagi anak. Seperti pada perilaku mencuci tangan, anak mampu melakukan perilaku ini secara kesadarannya sendiri saat ingin makan dan sesudah berkegiatan. Anak mampu menerapkan etika batuk dan bersin yang benar menutup mulut dengan lengannya, begitu pula pada anak yang sedang flu mereka memakai masker ke sekolah dan ada juga yang lupa memakai masker namun anak menyampaikan keluhannya yang lupa membawa masker kepada guru sehingga guru dapat memberikan masker baru dan mengingatkan kepada orang tua untuk besok anak diberikan masker saat ke sekeolah. Anak-anak mulai membawa bekal makanan yang sehat dan bergizi seperti nasi, lauk dan sayur dan menghindari makan-makanan kemasan. Melakukan kegiatan olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh, secara bersamaan sekolah memiliki jadwal olahraga senam kebbugaran di jum’at pagi. Dan menjaga kebersihan tubuh agar dapat terhindar dari infeksi virus khususnya virus covid – 19, saat anak menggunakan peralatan dan perlengkapan bermain dan belajarnya mereka mengetahui tempat menyimpan kembali peralatannya dan membersihkan sampah yang berserakan didekat anak bermain lalu dibuang ke tempat sampah. Lagu – lagu waspada covid – 19 yang dinyanyikan bersama anak efektif membetuk perilaku pencegahan covid -19 dan belajar untuk mempraktekan yang dinyanyikan dalam kesehariannya. Penggulangan lagu – lagu waspada covid – 19 menjadi pengingat bagi anak untuk melaksanakan perilaku waspada covid tersebut. Dan semua ini bertujuan untuk 1) mengurangi risiko penularan dengan memahami tata cara pencegahan, 2) melindungi diri sendiri dan orang lain, dan 3) berkontribusi dapat memberikan informasi yang benar mengenai waspada covid – 19.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lagu, audio visual, media pembelajaran. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | FARASKHASANI |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 07:21 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 07:21 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68681 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |