PENGARUH TEKNIK CINEMA THERAPY DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA KELAS VIII DI SMP N 24 KOTA JAMBI

Syaharani, Laila (2024) PENGARUH TEKNIK CINEMA THERAPY DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA KELAS VIII DI SMP N 24 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (117kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN & PERSETUJUAN.pdf

Download (671kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] Text
SKRIPSI LAILA SYAHARANI (A1E120035).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Perilaku prososial merupakan bentuk perilaku yang harus dimiliki oleh setiap individu karena dapat membantu seseorang beradaptasi terutama dilingkungan sosial. Pada masa ini faktanya beberapa peserta didik masih memiliki perilaku prososial yang tergolong rendah, salah satu hal yang dapat dilakukan adalah melalui penerapan teknik cinema therapy dalam bimbingan kelompok, melalui teknik cinema therapy peserta didik dapat memperoleh wawasan dan pengetahuan yang terkandung dalam film. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik cinema therapy dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan perilaku prososial pada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen one group pretest posttest control design, yang dilakukan di SMP N 24 Kota Jambi. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII, dengan sampel yang telah ditentukan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 37 orang siswa yang menjadi kelompok ekspeprimen. Pengumpulan data menggunakan angket skala likert. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji T-test. Berdasarkan hasil rata – rata nilai pre-test (tes awal) sebesar 135,3 dengan presentase sebesar 48,30% berada pada kategori sedang, sedangkan rata – rata nilai post-test (tes akhir) sebesar 219 dengan presentase sebesar 78,15% berada pada kategori tinggi. Serta hasil perhitungan T-test dengan menggunakan SPSS 26.0 diperoleh Thitung yaitu sebesar 7,896 dengan hasil nilai Sig. (2-Tailed) 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan, maka terdapat peningkatan perilaku prososial yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan/treatment. Dengan demikian, diharapkan guru bimbingan konseling dan peneliti selanjutnya dapat berupaya untuk meningkatkan perilaku prososial peserta didik, dan diharapkan dapat menjadikan sebagai bahan referensi dalam memberikan bantuan kepada siswa khususnya dalam meningkatkan perilaku prososial pada siswa. Kata Kunci : Perilaku Prososial, Bimbingan Kelompok, Cinema Therapy

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Prososial, Bimbingan Kelompok, Cinema Therapy
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: SYAHARANI
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:13
Last Modified: 18 Jul 2024 07:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68775

Actions (login required)

View Item View Item