Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 8 Bungo

Anisa, Yulia (2024) Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 8 Bungo. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Cover 1-2.pdf

Download (25kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (130kB)
[img] Text
SKRIPSI YULIA ANISA A1D520012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan Yulia Annisa (1).pdf

Download (724kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pelaksanaan Supervisi Akademik kepala sekolah di SMA N 8 Bungo dan untuk mengetahui bagaimana kontribusi Kepala Sekolah Meningkatkan Kinerja Guru di SMA N 8 Bungo. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru di SMA N 8 Bungo. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya menggunakan Triangulasi untuk teknik menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian menunjukan, Pelaksanaan supervisi yang dilakukan kepala sekolah di SMA Negeri 8 Bungo sudah bisa dikatakan baik dan Kepala Sekolah Meningkatkan Kinerja Guru di SMA N 8 Bungo diantaranya seperti Melakukan kunjungan kelas, Melakukan pembinaan langsung, dan mengadakan rapat dengan guru untuk mendiskusikan keluhan dan evaluasi kinerja guru-guru di SMA N 8 Bungo. Kata Kunci : Kepala sekolah, Kontribusi, Supervisi akademik This study aims to find out how the Implementation of Academic Supervision of the Principal at SMA N 8 Bungo and to find out how the Principal's contribution to Improving Teacher Performance at SMA N 8 Bungo. This study adopts a descriptive qualitative approach. The subjects in this study are principals and teachers at SMA N 8 Bungo. The data used are primary data and secondary data. The data collection techniques used observation, interviews, and documentation. Furthermore, Triangulation was used as a technique to test the validity of the research data. The results of the study show that the implementation of supervision carried out by the principal at SMA Negeri 8 Bungo can be said to be good and the Principal Improving Teacher Performance at SMA N 8 Bungo includes conducting class visits, conducting direct coaching, and holding meetings with teachers to discuss complaints and evaluate the performance of teachers at SMA N 8 Bungo. Keywords: Principal, Contribution, Academic supervision.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kepala sekolah, Kontribusi, Supervisi akademik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Anisa
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:23
Last Modified: 18 Jul 2024 07:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68777

Actions (login required)

View Item View Item