IMPLEMENTASI E-LKPD BERBASIS LIVEWORKSHEET DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR, PEMAHAMAN KONSEP, DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMP NEGERI 2 TUNGKAL ULU

Erdaningsih, Zuvita and Maison, Maison and Sukmono, Tedjo (2024) IMPLEMENTASI E-LKPD BERBASIS LIVEWORKSHEET DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR, PEMAHAMAN KONSEP, DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMP NEGERI 2 TUNGKAL ULU. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (23kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (432kB)
[img] Text
Full Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Halaman Persetujuan Halaman Pengesahan.pdf

Download (359kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

ABSTRAK Erdaningsih, Zuvita. 2023. Implementasi E-LKPD Berbasis Liveworksheet dan Dampaknya Terhadap Keaktifan Belajar, Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kriti Siswa pada Materi Suhu dan Kalor di SMP Negeri 2 Tungkal Ulu. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Jambi Pembimbing I. Prof. Drs. Maison, M.Si., Ph.D. II. Dr. Tedjo Sukmono, S.Si., M.Si. Materi suhu dan kalor merupakan materi yang tergolong abstrak dan mencakup teori-teori dan konsep yang cukup komplek yang harus dipahami dengan baik oleh siswa. Banyaknya teori, rumus dan konsep-konsep pada materi suhu dan kalor mengakibatkan siswa mengalami kesulitan untuk memahaminya. IPA tidak hanya cukup dilakukan dengan cara menghapal teori dan konsep saja, tetapi diperlukan keterampilan berpikir kritis untuk dapat memahami konsep yang disampaikan. Untuk mengasah keterampilan berpikir kritis, pemahaman konsep dan keaktifan belajar siswa diperlukan inovasi dalam kegiatan pembelajaran seperti menerapkan E-LKPD berbasis liveworksheet pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana penerapan E-LKPD berbasis liveworksheet dan dampaknya terhadap keaktifan belajar, pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor Metode penelitian ini menggunakan metode mixed method dengan desain sequential explanatory yaitu melakukan pengambilan dan menganalisis data kuantitatif terlebih dahulu. Setelah selesai data kuantitatif kemudian dilanjutkan dengan mengumpulkan data kualitatif dan menganalisis data kualitatif. Bagian kuantitatif dilakukan dengan menggunakan rancangan true experimental design dengan pola posttest-only control design. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar wawancara, tes essay berpikir kritis, tes pemahaman konsep dengan diagnostic four-tier, angket keaktifan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan E-LKPD berbasis liveworksheet: (1) Tidak ada dampak terhadap penerapan E-LKPD berbasis liveworksheet terhadap keaktifan belajar siswa karena nilai sig yang diperoleh 0,744 > dari taraf signifikansi 0, (2) pemahaman konsep siswa dari nilai persentase pada kelas kontrol sebesar 21,33 % (Lemah) dan persentasi pada kelas eksperimen pada kelas eksperimen 63,55% (Sedang), serta diperoleh dengan nilai sig kurang dari 0,05 (<0,05) yaitu <0,001, (3) 05keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan LKPD yang digunakan guru. nilai-rata-rata skor tes keterampilan berpikir kritis pada kelas kontrol 53,5 (Cukup) sedangkan rata-rata skor tes keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen 86,16 (Sangat Tinggi) serta diperoleh nilai sig <0,05 yaitu <0,001. Kata Kunci : Keterampilan berpikir kritis, pemahaman konsep, keaktifan belajar, suhu dan kalor, E-LKPD

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Erdaningsih
Date Deposited: 19 Jul 2024 08:14
Last Modified: 19 Jul 2024 08:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/69013

Actions (login required)

View Item View Item