Noka, Hardiani Nofriza Zarisma (2024) PENGARUH NILAI CBR TANAH DASAR DAN MUTU BETON TERHADAP TEBAL PERKERASAN KAKU(RIGID PAVEMENT) (STUDI KASUS: JALAN DESA SIMPANG/BERBAK-SIMPANG MA. SABAK). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
M1C120003_HARDIANI NOFRIZA Z.N_SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
BAB V PENUTUP.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI HARDIANI NOFRIZA Z.N DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (121kB) |
Abstract
Jalan merupakan prasarana utama transportasi darat yang berdampak besar terhadap kenyamanan dan keselamatan pengguna. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh nilai California Bearing Ratio (CBR) tanah dasar dan mutu beton terhadap tebal perkerasan kaku (rigid pavement) pada Jalan Desa Simpang/Berbak-Simpang Ma. Sabak. Metodologi penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan data dianalisis menggunakan Metode AASHTO 1993. Data primer yang dikumpulkan mencakup informasi geometrik jalan dan nilai CBR tanah dasar, sedangkan data sekunder meliputi data lalu lintas harian rata-rata (LHR), mutu beton eksisting, dan jumlah hari hujan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai CBR tanah dasar mempengaruhi modulus efektif tanah dasar sehingga semakin besar (baik) nilai CBR tanah dasar maka ketebalan pelat beton semakin tipis. Mutu beton mempengaruhi modulus elastisitas beton dan kuat lentur beton, sehingga semakin tinggi mutu beton (baik) maka ketebalan pelat beton semakin tipis. Kesimpulannya, untuk mendapatkan tebal perkerasan kaku yang optimal, lebih efisien untuk meningkatkan nilai CBR tanah dasar daripada meningkatkan mutu beton karena tanah dasar yang kuat dapat menyediakan dukungan yang mendasar bagi perkerasan, sementara mutu beton yang lebih rendah masih dapat memberikan kekuatan yang cukup dengan penyesuaian ketebalan yang tepat.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jalan, perkerasan kaku, California Bearing Ratio (CBR), mutu beton, AASHTO 1993 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Noka |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 07:55 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 07:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/69172 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |