Efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan disiplin belajar siswa di SMPN 16 Kota Jambi

Rosantika, Melisa Tria (2024) Efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan disiplin belajar siswa di SMPN 16 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (309kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)
[img] Text
SKRIPSI full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (233kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa yaitu rendahnya disiplin belajar yang terjadi di sekolah yang ditandai dengan perilaku siswa keluar masuk kelas, membolos, telat masuk kelas, mengganggu teman saat belajar, mengganggu kelas lain yang sedang belajar serta lalai dengan tugas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat disiplin belajar siswa sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan serta untuk mengetahui tingkat keefektivitasan perlakuan yang diberikan. Perilaku disiplin belajar yang dimaksud dalam penelitian ini adalah perilaku seseorang yang mencerminkan sifat taat dan patuh terhadap suatu aturan dan norma yang berlaku di lingkungan sekitar tempat ia belajar khususnya sekolah. Teknik role playing dalam penelitian ini adalah berperan menjadi orang lain dengan cara bermain peran sesuai dengan skenario yang ada bersama dengan anggota kelompoknya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental design one group pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII dengan jumlah 323 siswa, dengan metode panarikan sampel menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 8 orang yang memiliki kriteria disiplin belajar yang rendah. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Data dideskripsikan melalui perhitungan KIN, sedangkan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji-t, dan uji n-gain score untuk mengetahui tingkat efektivitas perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat disiplin belajar sebelum diberikan perlakuan (pretest) berada pada kategori rendah dengan rata-rata 77,5. Setelah diberikan perlakuan (posttest) tingkat disiplin belajar siswa mengalami peningkatkan yang berada pada kategori tinggi denga rata-rata 129. Berdasarkan hasil dari uji N-gain score didapatkan hasil sebesar 82,34 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perlakuan yang diberikan efektif untuk meningkatkan disiplin belajar siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Rosantika
Date Deposited: 29 Jul 2024 02:21
Last Modified: 29 Jul 2024 02:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/69621

Actions (login required)

View Item View Item