Yolandasari, Fany (2024) PENGARUH MEDIA BERCERITA WAYANG KERTAS TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AN-NUR JAMBI KECIL. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (26kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (78kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (658kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
Abstract
Yolansari, Fany. 2024. Pengaruh Media Bercerita Wayang Kertas Terhadap Keterampilan Berbicara Anak usia 5-6 Tahun di TK An-Nur Jambi Kecil: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd.I. (II) Akhmad Fikri Rosyadi, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Keterampilan Berbicara Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil penelitian di lapangan yang menunjukan kurangnya media pembelajaran yang mendukung perkembangan bahasa. Saat ini, media pembelajaran yang ada lebih berfokus pada kemampuan motorik kasar dan kognitif, seperti puzzle dan bola, dan belum mencakup alat yang berhubungan dengan keterampilan berbahasa, seperti boneka tangan dan gambar wayang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Bercerita Wayang Kertas Terhadap Keterampilan Berbicara Anak usia 5-6. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang dipakai adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Group Prettest Design. Populasi dalam penelitian ini di TK An-Nur Jambi Kecil 62 anak. Teknik pengambilan sampel yang menggunakan Sampling Purposive, 12 anak. Instrument yang digunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenita, dan uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan perhitungan statistik pada uji hipotesis paired sample test penelitian keterampilan berbicara pada anak kelompok B1 TK An-nur Maro Sebo didapatkan nilai Thitung 2.066>Ttabel 1.796 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pengunaan media wayang kertas dalam pembelajaran terhadap keterampilan berbicara pada kelompok B1 TK An- Nur Maro Sebo.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Keterampilan Berbicara |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | YOLANDASARI |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 06:39 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 06:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/69797 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |