PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS VIII MTs KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2023/2024

Hartawati, Fitri (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS VIII MTs KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2023/2024. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK 1.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)
[img] Text
TESIS FITRI FIKS 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
DOC-20240805-WA0009..pdf

Download (158kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Hartawati, Fitri. 2023. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas VIII MTs Tahun Ajaran 2023/2024. Tesis, Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Program Pascasarjana Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Drs. Maizar Karim, M. Hum., (2) Dr. Rustam, S. Pd, M. Hum. Kata Kunci: Pengembangan, bahan ajar, teks cerita pendek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan, kelayakan, dan keefektivan bahan ajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D), yang mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implmentasi, dan Evaluation). Instrumen pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan lembar tes. Tingkat kelayakan bahan ajar berupa video dapat dilihat dari penilaian hasil ahli bahan ajar, ahli media dan ahli bahasa. Dari hasil penilaian ahli bahan ajar diperoleh nilai presentase 79% dengan kriteria baik, penilaian ahli media diperoleh nilai presentase 74,4% dengan kriteria baik, penilaian ahli bahasa diperoleh nilai presentase 80% dengan kriteria sangat baik. Artinya, dapat dikatakan bahan ajar berupa video ini layak digunakan dalam pembelajaran. Penilaian efektivitas video pembelajaran aplikasi capcut didasarkan pada hasil penilaian satusatu dari tiga siswa, dengan skor 80%, 84%, 90% dengan interpretasi sangat baik. Selain itu, berdasarkan hasil pretest dan postest digunakan rumus N-Gain untuk mendapatkan nilai pretest. Didapatkan nilai 0,90 yang berada pada kategori sangat efektif yang artinya video pembelajaran menulis teks cerita pendek efektif digunakan pada saat proses pembelajaran. Hal ini juga diperkuat dengan dilakukannya uji T paired test dengan memperoleh kesimpulan terdapat peningkatan nilai yang signifikan antara skor pretest dengan postest pada penelitian ini.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, bahan ajar, teks cerita pendek.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: FITRI HARTAWATI
Date Deposited: 05 Aug 2024 07:57
Last Modified: 05 Aug 2024 07:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/69809

Actions (login required)

View Item View Item