Ningrum Febriani, Bunga (2024) gambaran pelanggaran disiplin siswa dalam melaksanakan tata tertib sekolah di SMA Negeri 2 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
![]() |
Text
FULL SKRIPSI BUNGA NINGRUM F.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (47kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
BAB V .pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (134kB) |
Abstract
Disiplin merupakan suatu sikap moral siswa yang terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan dan ketertiban berdasarkan acuan nilai moral. Sedangkan tata tertib sekolah suatu ikatan atau aturan yang harus dipatuhi setiap warga sekolah atau tempat berlangsungnya proses belajar mengajar yang dimana tata tertib sekolah yang telah di sepakati harus dipatuhi sebagai acuan dalam bertindak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tingkat pelanggaran disiplin siswa dalam melaksanakan tata tertib sekolah di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII IPA 1- XII IPS 6 dengan jumlah sampel sebanyak 87 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang berisi 31 item pernyataan dengan meggunakan skala pengukuran skala gutman. Hasil analisis yang telah diperoleh bahwasannya tingkat pelanggaran disiplin siswa dalam melaksanakan tata tertib sekolah di SMA Negeri 2 Kota Jambi memiliki persentase sebesar 51,39% yang menunjukan bahwa sebagian siswa melakukan pelanggaran disiplin siswa dalam melaksanakan tata tertib sekolah. Yang di mana diperoleh hasil analisis per indikatornya yaitu dalam ketaatan terhadap tata tertib sekolah sebesar 58,45% dikategorikan pada tingkat sebagian siswa, ketaatan terhadap kegiatan pembelajaran di sekolah 45.4% dikategorikan pada tingkat sebagian siswa, melaksanakan tugas yang menjadi taggung jawabnya sebesar 37,06% dikategorikan pada tingkat sebagian kecil siswa, dan disiplin belajar di rumah sebesar 73,56% dikategorikan pada tingkat sebagian besar siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin, Tata Tertib, Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | febriani |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 03:55 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 03:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/69820 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |