Pasa, Rizki Islami (2024) Pengembangan Pop Up Book Coping Self-Talk Untuk Mengendalikan Agresivitas Siswa Sekolah Dasar di SD N 197/IX Pematang Gajah. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (105kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Perilaku agresif pada anak bukanlah menjadi permasalahan yang baru yang dihadapi oleh orang tua atau guru, perilaku agresif sendiri mampu menghambat perkembangan anak dan jika tidak ditangani dengan tepat akan berpengaruh pada masa depan seorang anak karena anak akan menemui lingkungan yang lebih luas dan beranekaragam. Penelitian ini dilakukan karena masih banyak guru yang membutuhkan contoh-contoh media pembelajaran berbasis pop up book yang dapat digunakan dalam proses menangani perilaku agresif yang terjadi pada siswa sekolah dasar. Dilatarbelakangi dengan permasalahan yang terjadi oleh karena itu peneliti mengembangkan media pop up book coping self-talk untuk mengendalikan perilaku agresif tersebut. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu reach and development (R&D) dengan tahapan pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan oleh Sutja yang terdiri dengan lima tahapan yakni studi pendahuluan, pengembangan produk, validasi produk dan revisi, uji coba terbatas dan revisi produk, dan pembakuan dan publikasi. Hasil penelitian berdasarkan uji validasi produk melalui penilaian uji validasi praktisi di SD N 197/IX Pematang Gajah serta 3 Sekolah dasar di kecamatan Jambi Luar Kota, diketahui bahwa produk media pop up book coping self-talk dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran dan membantu pengajar dalam menyampaikan pembelajaran untuk siswa sekolah dasar yang berperilaku agresif, oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa produk media pop up book coping self-talk mendapatkan respon yang baik dalam hal membantu praktisi untuk guna menunjang proses pemberian layanan informasi kepada siswa. mengenai cara mengatasi anak yang berperilaku agresif. Aggressive behavior in children is not a new problem faced by parents or teachers, aggressive behavior itself can hinder child's development and if not handled properly will affect the child's future in front of a child because the child will encounter a wider environment and various. This research was carried out because there are still many teachers who need it examples of pop up book based learning media that can be used in the process of dealing with aggressive behavior that occurs in elementary school students. Background With the problems that occurred, researchers developed pop up media book coping self-talk to control aggressive behavior. The research method used in this research is reach and development (R&D) with simplified Borg and Gall development stages by Sutja which consists of five stages, namely preliminary study, development product, product validation and revision, limited trials and product revision, and standardization and publications. The research results are based on product validation tests through validation test assessments practitioners at SD N 197/IX Pematang Gajah and 3 elementary schools in Jambi Luar sub-district Kota, it is known that the pop up book coping self-talk media product can be used for supports learning and assists teachers in delivering learning for elementary school students who behave aggressively, it can therefore be concluded that the pop up book coping self-talk media product received a good response in matters of helping practitioners to support the process of providing information services to students. about how to deal with children who behave aggressively.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembanga, Pop Up Book, Coping Self-Talk, Agresif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Pasa |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 04:47 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 04:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/69980 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |