Andri Yani, Mince (2024) Pengaruh Media Sosial Terhadap Keterlibatan Belajar Mahasiswa Program Studi Administrasi Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text
COVER..pdf Download (18kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI MINCE ANDRI YANI A1D518026.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (598kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh mahasiswa Administrasi Pendidikan FKIP Universitas Jambi yaitu, mahasiswa di Universitas Jambi semakin aktif dalam menggunakan media sosial, termasuk WhatApps, Instagram, Telegram dan YouTube sebagai bagian dari kehidupan digital mereka. Terdapat keluhan dan kesulitan yang diungkapkan oleh mahasiswa terkait dengan gangguan dan distraksi yang diakibatkan oleh penggunaan media sosial saat belajar. Informasi palsu atau berita palsu memiliki kehadiran di media sosial yang digunakan oleh mahasiswa, dan ini dapat mempengaruhi pemahaman mereka. Masalah privasi dan keamanan data mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode artinya metode dalam menguji teori dengan menguji korelasi antar variabel yaitu media sosial (X) dan keterlibatan siswa (Y), dengan sampel 94 mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa variabel Media Sosial (X) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Keterlibatan Belajar (Y) mahasiswa Administrasi Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pengaruh ditimbulkan oleh Media Sosial (X) terhadap Keterlibatan Belajar (Y) bernilai positif, yang artinya semakin baik pemanfaatan media sosial maka media memberi pengaruh yang signifikan terhadap keterlibatan belajar Mahasiswa yang memanfaatkan media sosial dengan baik khususnya untuk memperluas wawasan dan menambah ilmu pengetahuan. Secara simultan variabel Media Sosial terhadap keterlibatan belajar memiliki pengaruh yang signifikan yaitu dengan nilai sig < Alpha (α = 5%) yaitu 0,000 < 0,05 dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,451 atau 45,1% dan sementara sisanya 54,9 % di pengaruhi oleh variabel lain yang berada diluar penelitian. This research was motivated by the education administration students at FKIP Jambi University, namely, students at Jambi University are increasingly active in using social media, including WhatApps, Instagram, Telegram and YouTube as part of their digital life. There were complaints and difficulties expressed by students regarding the disturbances and distractions caused by the use of social media while studying. Fake information or fake news has a presence on social media used by students, and this can influence their understanding. Student data privacy and security issues. This research uses a method, meaning a method for testing theory by testing the correlation between variables, namely social media (X) and student involvement (Y), with a sample of 94 students. Based on the results of research and data analysis, it can be concluded that the Social Media variable (X) has a significant effect on the Learning Engagement variable (Y) of Jambi University FKIP Educational Administration students. The influence caused by Social Media (X) on Learning Engagement (Y) is positive, which means that the better the use of social media, the media has a significant influence on the learning engagement of students who make good use of social media, especially to broaden their horizons and increase their knowledge. Simultaneously, the Social Media variable on learning engagement has a significant influence, namely with a sig < Alpha (α = 5%) value, namely 0.000 < 0.05 with a coefficient of determination (R2) of 0.451 or 45.1% and the remaining 54.9% influenced by other variables outside the research.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterlibatan Belajar, Media Sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Yani |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 01:04 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 01:04 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70003 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |