Fahrucky Anggara, Tyas PENGARUH MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KONSENTRASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI. JURNAL PENGARUH MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KONSENTRASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI.
|
Text
COVER AWAL.pdf Download (169kB) |
|
|
Text
pengesahan.pdf Download (476kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (172kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (280kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (153kB) |
Abstract
ABSTRAK Anggara Fahrucky Tyas. 2018 “Pengaruh Model Numbered Head Together (NHT) Terhadap Konsentrasi dan Hasil Belajar siswa dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 11 Muaro Jambi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Prof. Dr. Drs. Rahmat Murbojono, M.Pd. Pembimbing II Reka Seprina, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar, Konsentrasi, dan Model Numbered Head Together. Pemahaman dan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran merupakan salah satu faktor Yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti pada kelas XI IPS SMA Negeri 11 Muaro Jambi, menunjukkan bahwa pemahaman belajar sejarah siswa masih tergolong redah sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan modelNumbered Head Together (NHT) terhadap konsentrasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian yakni eksperimen. Variabel bebas (Independen variabel) yaitu model Numbered Head Together (X), variabel terikat (Dependen variabel) Konsentrasi (Y1) dan hasil belajar (Y2). Pelaksanaan penelitian dilakukan di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yakni kelas X IPS 1 berjumlah 21 orang dan kelas X IPS 2 berjumlah 21 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran sejarah di kelas X IPS 2 adalah 85 lebih tinggi dibandingkan rata-rata nilai skor pengamatan akhir kelas XI IPS SMAN 11 Muaro Jambi. Hal ini ditunjukkan dengan diperoleh hasil koefisien berdasarkan Thitung = 3,307. Dengan demikian nilai Thitung ≥ Ttabel (3,307 > 1.694). Diketahui model Numbered Head Together (NHT) berpengaruh positif yang signifikan terhadap konsentrasi dan hasil belajar siswa yang mana model Numbered Head Together dapat meningkatkan konsentrasi dan hasil belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri 11 Muaro Jambi.
| Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | TYAS FAHRUCKY ANGGARA |
| Date Deposited: | 31 Jan 2019 03:03 |
| Last Modified: | 31 Jan 2019 03:03 |
| URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7029 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
