Sitorus, Ferry Tua (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI ASAM BASA DI KELAS XII. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak Skripsi.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
Bab 1 Skripsi.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
Bab V Skripsi.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text
Cover sampai lampiran.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
Daftar pustaka dan lampiran.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FERRY TUA SITORUS A1C120057 PENKIM.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN FERRY.pdf Download (96kB) |
Abstract
Sitorus, Ferry Tua. 2024. “Pengembangan e-LKPD Berbasis Contextual Teaching and Learning Pada Materi Asam Basa di Kelas XII”.skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Kegruuan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Drs. M. Naswir, KM., M.SI, (II) Dra. Yusnidar, M.Pd. Kata Kunci: e-LKPD, Contextual Teaching and Learning, Asam Basa e-LKPD merupakan media pembelajaran berbasis elektronik dan media pembelajaran yang sangat kompleks. Penerapan media pembelajaran e-LKPD pada materi asam basa ini dapat dilakukan dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL). Pendekatan CTL ini merupakan sebuah gagasan pembelajaran yang membantu pendidik menghubungkan materi yang diajarkan dengan keadaan siswa yang dapat dipercaya dan mendorong siswa untuk membuat hubungan antara wawasan pengetahuan yang dimiliki dan peranan mereka dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan konseptual terhadap produk e-LKPD berbasis contextual teaching and learning yang dikembangkan, penilaian tenaga pendidik dan respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan, potensi produk yang dikembangkan pada materi asam basa, serta hasil belajar siswa setelah menggunakan produk e-LKPD berbasis contextual teaching and learning pada materi asam dan basa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Hannafin and Pack. Peneltian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan (development) yaitu sebatas uji coba kelompok kecil. Instrument penelitian yang digunakan adalah pedoman hasil wawancara dan angket. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi serta dinilai oleh guru sebagai penilai praktisi untuk kemudian diuji cobakan kepada peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif berupa komentar dan saran serta analisis kuantitatif berupa skor jawaban dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan konseptual terhadap produk e-LKPD berbasis contextual teaching and learning yang dikembangkan berada pada kategori “sangat layak” untik dikembangkan. Penilaian tenaga pendidik dan respon peserta didik terhadap produk e-LKPD berbasis contextual teaching and learning yang dikembangkan adalah “sangat layak”, sehingga dapat dijadikan sebagai media pembelajaran. Produk yang dikembangkan berpotensi digunakan pada materi asam basa sesuai dengan hasil penilaian dari ahli media, ahli materi, tenaga pendidik dan peserta didik yang menyatakan bahwa produk tersebut “sangat layak”. Hasil belajar siswa setelah menggunakan produk e-LKPD berbasis contextual teaching and learning pada materi asam dan basa mengalami peningkatan dibanding dengan sebelum menggunakan produk e-LKPD berbasis contextual teaching and learning.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : e-LKPD, Contextual Teaching and Learning, Asam Basa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Sitorus |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 04:32 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 04:32 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70314 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |