PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TABUNG PENJUMLAHAN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERHITUNG SISWA DI KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Riswanti, Nofeli (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TABUNG PENJUMLAHAN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERHITUNG SISWA DI KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Pengembangan Media Pembelajaran Tabung Penjumlahan untuk Melatih Keterampilan Berhitung Siswa di Kelas 1 Sekolah Dasar. pp. 1-103.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (30kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (314kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (55kB)

Abstract

ABSTRAK Riswanti, N. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Tabung Penjumlahan untuk Melatih Keterampilan Berhitung Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Skripsi, program studi pendidikan guru sekolah, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd, M.Si., (II) Agung Rimba Kurniawan, S.Pd, M.Pd Kata Kunci : Media Pembelajaran Tabung Penjumlahan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan dan kelayakan media pembelajaran di kelas I SD Negeri 14/I Sungai Baung. Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk membantu siswa agar dapat memahami konsep penjumlahan bilangan cacah serta keterampilan berhitung siswa dari faktor-faktor yang menghambat pemahaman siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas IB SD Negeri 14/I Sungai Baung pada pembelajaran matematika penjumlahan bilangan cacah. Data yang diperoleh pada penelitian ini ialah melalui validasi ahli media, validasi ahli pembelajaran, respon angket guru, pedoman wawancara serta hasil pretest dan posttest siswa. Hasil penelitian ini berupa media tabung penjumlahan di kelas I Sekolah Dasar yang valid, praktis dan efektif. Hasil validasi oleh validator termasuk dalam kategori valid. Setelah layak untuk diuji coba, maka peneliti menguji cobakan kepada siswa dengan wawancara dan pengisian angket oleh guru untuk mengetahui kepraktisan media. Diperoleh hasil wawancara bahwa media sangat mudah digunakan, menarik dan membuat siswa memahami konsep penjumlahan bilangan cacah. Setelah menggunakan media tabung penjumlahan, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, termasuk dalam kategori efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah menghasilkan prosedur pembuatan produk yang dihasilkan berupa media tabung penjumlahan. Penelitian ini dapat mengetahui kevalidan media melalui beberapa validator dengan skor rata-rata 2,75 pada hasil validasi materi dan skor rata-rata 3,0 pada hasil validasi media termasuk dalam kategori valid. Penelitian ini juga dapat mengetahui kepraktisan media melalui angket respon guru dengan skor rata-rata 3,5 termasuk dalam kategori sangat praktis. Selain itu, penelitian ini dapat mengetahui efektivitas media melalui hasil belajar peserta didik dengan melihat peningkatan hasil pretest-posttestmencapai 0,7. Dalam hal ini termasuk dalam kategori efektif.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NOFELI RISWANTI
Date Deposited: 01 Feb 2019 03:12
Last Modified: 01 Feb 2019 03:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7059

Actions (login required)

View Item View Item