Witri, Jesika (2024) Analisis Kecemasan Matematika Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Gender. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Cover Jesika Witri.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
Abstrak Jesika.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
Bab 1 Jesika Witri.pdf Download (440kB) |
![]() |
Text
Bab 5 Jesika.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka Jesika.pdf Download (441kB) |
![]() |
Text
Jesika Skripsi Akhir.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (808kB) |
Abstract
Pembelajaran matematika dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, kecemasan merupakan hal wajar yang pernah dialami oleh setiap individu dan tidak tertutup kemungkinan terjadinya kecemasan dalam belajar. Kondisi ini sering mewarnai proses pembelajaran matematika sehingga dapat berpengaruh terhadap hasil belajar yang akan diperoleh siswa.Penelitian ini bertujuan untuk melihat kecemasan matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan gender siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif yang dilakukan kepada 6 orang subjek yang terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan penelitian dengan tingkat kecemasan tinggi, sedang dan rendah yang memenuhi indikator kecemasan matematika , hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan secara signifikan antara subjek laki-laki dengan subjek perempuan berdasarkan tingkat kecemasannya. Akan tetapi, subjek perempuan memiliki skor kecemasan lebih tinggi dibandingkan dengan subjek lak-laki diberbagai tingkat kecemasan matematika. Kecemasan matematika tidak selalu memiliki dampak negatif bagi subjek, namun dapat berdampak positif bagi subjek yang memiliki kecemasan rendah yang mana dengan adanya kecemasan saat mengerjakan soal matematika pada akhirnya mendorong subjek untuk mengerjakan soal lebih serius agar dapat menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel atau dengan kata lain kecemasan matematika dapat meningkatkan motivasi belajar bagi subjek. Subjek yang memiliki tingkat kecemasan matematika tinggi mempunyai kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika yang rendah, sedangkan subjek yang memiliki tingkat kecemasan matematika yang rendah mempunyai kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika yang tinggi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | WITRI |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 07:52 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 07:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70594 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |