Analisis Faktor-Faktor yang Mendorong Keputusan Nasabah Menggunakan Program Tepat Pembiayaan Syariah Kelompok

Rahmand, Jevy (2024) Analisis Faktor-Faktor yang Mendorong Keputusan Nasabah Menggunakan Program Tepat Pembiayaan Syariah Kelompok. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (151kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang mendorong nasabah menggunakan program Tepat Pembiayaan Syariah Kelompok di BTPN Syariah dengan metode kualitatif menggunakan data primer melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa mekanisme pemberian pembiayaan program tepat pembiayaan syariah kelompok di BTPN Syariah melalui tahapan pre-marketing, sosialisasi, pengecekan data diri dan BI Checking, survei, wawancara, Pelatihan Dasar Keanggotaan (PDK), pembentukan kelompok, serta monitoring dan evaluasi. Faktor-faktor yang mendorong nasabah menggunakan program ini adalah pengetahuan produk, kepercayaan, dan sosialisasi. Bank memberikan informasi yang membantu nasabah memahami produk dan proses pengajuan yang mudah serta pelayanan ramah meningkatkan kepercayaan. Sosialisasi rutin juga berperan penting dalam keputusan nasabah. Upaya bank BTPN Syariah dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi ummat melalui pemberian akses pembiayaan yang mudah, pelatihan kewirausahaan dan pendampingan rutin bagi nasabah, pelaksanaan akad murabahah sesuai dengan fatwa DSN-MUI, sistem tanggung renteng sesuai dengan akad kafalah. This study aims to analyze the factors that encourage customers to use “Tepat Pembiayaan Syariah” program at BTPN Syariah with a qualitative method using primary data through direct observation, interviews, and documentation. The results show that the mechanism for providing financing for the group sharia financing program at BTPN Syariah goes through the stages of pre-marketing, socialization, checking personal data and BI Checking, surveys, interviews, Basic Membership Training (PDK), group formation, and monitoring and evaluation. Factors that encourage customers to use this program are product knowledge, trust, and socialization. The bank provides information that helps customers understand the product and the easy application process and friendly service increases trust. Regular socialization also plays an important role in customer decisions. BTPN Syariah's efforts to improve ummah economic empowerment through providing easy access to financing, entrepreneurship training and regular mentoring for customers, implementation of murabaha contracts in accordance with the DSN-MUI fatwa, joint responsibility system in accordance with the kafalah contract.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Decision, Financing, BTPN Syariah, Socialization
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: Rahmand
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:34
Last Modified: 07 Oct 2024 02:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70743

Actions (login required)

View Item View Item