SISKA, DELA PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X MIA 2 SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI. JURNAL PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X MIA 2 SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI.
![]() |
Text
Cover.rtf Download (2MB) |
|
![]()
|
Image
PENGESAHAN.jpg Download (844kB) | Preview |
|
![]() |
Text
7. Daftar Isi.docx Download (19kB) |
|
![]() |
Text
BAB I.docx Download (22kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.docx Download (19kB) |
Abstract
ABSTRAK Siska, Dela 2019. Penerapan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Pada Materi Momentum dan Impuls di kelas X MIA 2 SMA Negeri 11 Muaro Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Maison, M.Si. Ph.D (II) Haerul Pathoni,S.Pd., M.PFis Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, LKS Berbasis Kontekstual Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar fisika siswa di kelas X MIA 2 SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Hal ini disebabkan oleh kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran di kelas, sehingga dalam proses pembelajaran hanya monoton kepada guru saja yang mengambil alih kegiatan kelas. Secara tidak langsung hal ini akan mempengaruhi aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar siswa tersebut pada setiap siklusnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar fisika siswa pada materi momentum dan impuls dengan menggunakan lembar kerja siswa berbasis kontekstual kelas X MIA 2 SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus melalui tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif yang diperoleh melalui pengamatan terhadap aktivitas siswa dan pelaksanaan pembelajaran melalui lembar observasi dan data kuantitatif yang diperoleh melalui ulangan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Peningkatan ini dibuktikan dengan terus meningkatnya aktivitas siswa, sehingga hasil belajar siswa pun terus mengalami perubahan yang baik dari siklus I, II dan III. Dimana pada siklus I, jumlah siswa yang mampu memenuhi kriteria ketuntasan adalah 6 orang siswa atau 40% dari jumlah siswa peserta yang ikut serta dalam tes dengan nilai rata-rata adalah 59,33. Pada siklus II, jumlah siswa yang mampu memenuhi kriteria ketuntasan sudah mencapai setengah dari jumlah siswa peserta tes, yaitu 14 orang siswa atau 70% dengan nilai rata-rata siswa yang telah mencapai KKM yang ditentukan, yaitu 72. Kemudian pada siklus III, siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan meningkat lagi, begitu pula dengan nilai rata-rata siswa. Pada siklus III ini, jumlah siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan adalah 19 siswa atau 86,36% dari jumlah siswa peserta tes dan nilai rata-rata siswa adalah 84,5
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DELA SISKA |
Date Deposited: | 04 Feb 2019 07:03 |
Last Modified: | 04 Feb 2019 07:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7098 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |