Sari, Nurul Ima (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN TEMATIK LINGKUNGAN BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA DINI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Skripsi_nurul ima sari_ A1F118046.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (679kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (394kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (287kB) |
Abstract
Sari, Nurul Ima. 2024. Pengembangan Video Pembelajaran Tematik Lingkungan Berbasis Kontekstual Sebagai Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Ajaran 2023/2024: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Dra. Evita Anggereini, M.Si. (II) Uswatul Hasni M.Pd Kata Kunci: Video Pembelajaran, Tematik, Lingkungan, Kontekstual, Kecerdasan Naturalis Pada pembelajaran di Tk Tunas Inti dan TK Mutiara Bunda masih minim menggunakan media pembelajaran berupa teknologi sehingga masih fokus pada pembelajaran konvensional yang membuat peserta didik merasa bosan, untuk mengurangi kendala tersebut diperlukan sebuah media pembelajaran yaitu media yang menggunakan teknologi seperti media video agar menarik dan merangsang daya imajinasi anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, mengetahui kelayakan produk media pembelajaran, mengetahui respon guru TK Tunas Inti dan TK Mutiara Bunda, dan untuk mengetahui minat peserta didik terhadap media pembelajaran video. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian research and development dengan menerapkan model ADDIE. Tahapan yang dilakukan dalam riset ini dimulai dari analisis, desain, development, implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu berupa angket dan lembar observasi dengan data yang diperoleh berupa kuantitatif dan kualitatif. Pada uji kelayakan video diperoleh hasil dari validasi ahli media yang dilakukan sebanyak kali dengan perolehan persentasi pada validasi 95% dengan kategori sangat baik untuk dilakukan uji coba. Hasil validasi ahli materi dilakukan sebanyak 1 kali dengan hasil validasi 90% dengan kategori sangat baik untuk di uji cobakan. Data penelitian diperoleh dari penyebaran angket terbuka dan tertutup yang disebarkan kepada responden yaitu guru berjumlah 10 orang diperoleh hasil persentase 87% dengan kategori sangat baik, selanjutnya video di uji coba oleh guru pada peserta didik dengan metode observasi memperoleh hasil bahwa media video dapat menarik minat dan perhatian peserta didik dalam belajar. Berdasarkan hasil pengembangan media pembelajaran video tentang kecerdasan naturalis dengan kegiatan herbarium kering pada anak usia dini di TK Tunas Inti dan TK Mutiara Bunda dapat dinyatakan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran serta mendapat respon positif dari responden dengan hasil kategori sangat baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Sari |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 07:43 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 07:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70988 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |