Putri, Putri (2024) EFEKTIVITAS ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA DI SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan .pdf Download (628kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI full.pdf Restricted to Repository staff only Download (940kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya perilaku asertif siswa, yang ditandai oleh siswa yang tidak percaya diri, sulit mengutarakan perasaannya, tidak mampu menyampaikan keinginannya, selalu merasa bersalah saat menolak permintaan teman,dan sering mengorbankan kenyamanan dirinya demi kenyamanan orang disekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perilaku asertif siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa assertive training. Perilaku asertif yang dimaksud dalam penelitian ini adalah individu yang mampu mengutarakan pendapat, keinginan serta mengungkapkan hak-hak pribadinya dengan menghormati hak-hak peribadi orang lain. Teknik Assertive Training dalam penelitian ini adalah bentuk latihan asertif dengan cara bermain peran yang telah disiapkan oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode preeksperimental design one group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi dengan jumlah 262 orang siswa, penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 16 orang siswa yang memiliki kriteria perilaku asertif yang rendah. Alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket perilaku asertif, kemudian data hasil angket tersebut akan dihitung menggunakan rumus perhitungan KIN, sedangkan analisis yang digunakan adalah uji normalitas, dan uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan tingkat perilaku asertif siswa sebelum diberikan perlakuan (pretest) berada pada kategori sedang dengan perolehan ratarata 55, kemudian setelah diberikan perlakuan (posttest) tingkat perilaku asertif siswa mengalami peningkatan berada pada kategori tinggi dengan perolehan ratarata 70. Berdasarkan hasil uji T-test didapatkan nilai signifikan 0,000 yang berarti adanya peningkatan yang signifikan setelah diberikan perlakuan berupa teknik Assertive Training. Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa Assertive Training efektiv digunakan untuk meningkatkan perilaku asertif siswa. Kata Kunci: Assertive Training; Perilaku Asertif
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Assertive Training; Perilaku Asertif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Putri |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 06:51 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 06:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70999 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |