IMPLEMENTASI ADMINISTRASI GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI SDN No. 162/I KECAMATAN MARO SEBO ILIR KABUPATEN BATANGHARI

SAPUTRA, ANDY IMPLEMENTASI ADMINISTRASI GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI SDN No. 162/I KECAMATAN MARO SEBO ILIR KABUPATEN BATANGHARI. JURNAL IMPLEMENTASI ADMINISTRASI GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI SDN No. 162/I KECAMATAN MARO SEBO ILIR KABUPATEN BATANGHARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (43kB)
[img]
Preview
Image
PENGESAHAAN.jpg

Download (251kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK Saputra, Andy. (2018). Implementasi Administrasi Guru Dalam Meningkatkan Mutu sekolah di SDN. No.162/I Desa Bukit Sari Kecamatan Maro Sebo ilir Kabubapten Batanghari. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. KA. Rahman, M. Pd. I., (II) Dr. Mohamad Muspawi, M. Pd., I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Bagaimana implementasi administrasi guru dalam meningkatkan mutu sekolah di SDN. No.162/I Desa Bukit Sari Kecamatan Maro Sebo ilir Kabubapten Batanghari. 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu sekolah di SDN. No.162/I Desa Bukit Sari Kecamatan Maro Sebo ilir Kabubapten Batanghari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriftif. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 5 (lima) orang tenaga pendidik SDN. No.162/I Desa Bukit Sari Kecamatan Maro Sebo ilir Kabubapten Batanghari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi berupa data-data tentang sekolah dan menggunakan tringulasi sebagai sebagai teknik pemeriksaan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, implementasi administrasi guru dalam meningkatkan mutu sekolah di SDN. No.162/I sudah dilaksanakan oleh tenaga pendidik akan tetapi masih ada beberapa administrasi guru yang belum dilengkapi oleh para tenaga pendidik administrasi yang belum dilengkapi oleh tenaga pendidik yaitu pembuatan analisis standar kompetensi dan kompetensi dasar, jurnal/agenda guru, bahan ajar berbasis ICT, program remedial, program pengayaan, kumpulan soal (bank soal), dan karya inovatif. Faktor pendukung administrasi guru yaitu adanya fasilitas yang mendukung dalam melengkapi administrasi guru seperti komputer, printer, dan sekolah sudah dibiayai oleh pemerintah dengan alokasi dana yang mencukupi. Dan faktor penghambatnya adalah kurangnya disiplin kerja, sarana dan prasarana minim, jaringan internet dan kurangnya bimbingan kepala sekolah. Dari hasil penelitian ini disarankan kepala sekolah lebih meningkatkan kompetensinya dalam membimbing guru atau memberi perhatian kepada guru dalam bidang pelaksanaan tugas dan fungsi guru dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik khususnya aministrasi guru dalam meningkatkan mutu sekolah. Kata kunci : Administrasi guru, Mutu sekolah

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ANDY SAPUTRA
Date Deposited: 04 Feb 2019 07:03
Last Modified: 04 Feb 2019 07:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7100

Actions (login required)

View Item View Item