NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NYANYIAN RAKYAT MELAYU RIAU DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Arianti, Rita (2024) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NYANYIAN RAKYAT MELAYU RIAU DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. S3 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
DISERTASI RITA ARIANTI - BAB 5.pdf

Download (309kB)
[img] Text
DISERTASI RITA ARIANTI- Dapus.pdf

Download (309kB)
[img] Text
DISERTASI RITA ARIANTI- BAB 1.pdf

Download (646kB)
[img] Text
DISERTASI RITA ARIANTI - Abstrak.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DISERTASI RITA ARIANTI - FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
Lembar Pengesahan 1.pdf

Download (81kB)
[img] Text
DISERTASI RITA ARIANTI - Cover.pdf

Download (196kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter, penelaahan penyajian modul ajar berbasis nyanyian rakyat Melayu Riau, dan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter pada nyanyian rakyat Melayu Riau dalam pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Pertama. Jenis penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif. Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam nyanyian rakyat Melayu Riau. Sumber data penelitian ini adalah nyanyian rakyat Melayu Riau yang dinyanyikan oleh masyarakat Melayu Riau kabupaten Rokan Hulu. Hasil penelitian ini yaitu ada 24 nilai-nilai pendidikan karakter ditemukan dalam nyanyian rakyat Melayu Riau yaitu : religius, berpikir positif, cerdas, nasionalis, disiplin, gotong royong, ikhlas, integritas, jujur, kasih sayang, kerja keras, peduli rendah hati, santun, tanggung jawab, percaya diri, bernalar kritis, toleran, patuh, malu, teguh pendirian, tangguh, penyabar, dan adil. Berdasarkan penggolongan nilai pendidikan karakter peserta didik berdasarkan dimensi profil pelajar pancasila maka nilai yang paling dominan yang ada dalam nyanyian rakyat Melayu Riau yaitu nilai dimensi beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berakhlak mulia terutama nilai peduli. Hal ini dikarenakan dalam nyanyian rakyat Melayu lebih banyak mengandung nasehat-nasehat yang disampaikan untuk generasi muda agar memiliki akhlak mulia dan memiliki jiwa peduli, kekeluargaan, dan kebersamaan yang tinggi sejak dahulunya. Berdasarkan analisis penelaahan bahan ajar berupa modul yang dilakukan penelaah ahli disimpulkan bahwa bahan ajar layak digunakan dengan revisi. Berdasarkan analisis angket respon siswa terhadap pembelajaran adalah bahasa yang digunakan dalam modul ajar ini jelas dan mudah dipahami, mendorong siswa berpikir kritis, mendorong rasa ingin tahu siswa, materinya runtut, memotivasi siswa untuk belajar, dan memudahkan siswa untuk belajar secara mandiri. Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter pada nyanyian rakyat Melayu Riau diterapkan pada modul ajar pembelajaran sastra di kelas VII pada fase D kurikulum merdeka.

Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, nyanyian rakyat, pembelajaran sastra i
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S3 Kependidikan
Depositing User: Rita Arianti
Date Deposited: 03 Oct 2024 08:21
Last Modified: 03 Oct 2024 08:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71042

Actions (login required)

View Item View Item