RANCANG BANGUN SISTEM MARKETPLACE BERBASIS WEB PADA FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS JAMBI DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING

Hadaya, M. Syahan Afdhal (2024) RANCANG BANGUN SISTEM MARKETPLACE BERBASIS WEB PADA FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS JAMBI DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI M. Syahan Afdhal Hadaya F1E120053.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (389kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (130kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (152kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (188kB)

Abstract

Kegiatan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), pada Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi memiliki kendala khususnya untuk menjual produk yang dihasilkan secara online. Transaksi yang dilakukan masih menggunakan cara tradisional yaitu bertemu secara langsung antara penjual dan pembeli, serta pemasaran yang terbatas pada media sosial. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem marketplace berbasis web yang responsif terhadap perubahan dengan menerapkan metode Extreme Programming. Sistem marketplace berbasis web hadir untuk dapat menyelesaikan permasalahan diatas. Sistem ini dikembangkan dengan tujuan untuk mempermudah proses penjualan produk dengan transaksi yang online, dimana mahasiswa FKIK Universitas Jambi yang mengikuti program wirausaha dapat memasarkan hasil produk kreasinya pada marketplace. Pembeli dapat mengakses web, memilih produk, dan membeli produk tersebut. Sistem marketplace berbasis web juga dapat menampilkan halaman admin yang dapat melakukan pengelolaan data produk, kategori, transaksi, dan fitur lainnya seiring dengan berjalannya pengembangan. Dalam melakukan penelitian ini, metode pengembangan sistem yang dipilih adalah metode extreme programming dengan menghasilkan tiga iterasi, dan setiap iterasi dilakukan pengujian fungsionalitas. Iterasi pertama dilakukan dengan berfokus pada perancangan dan implementasi fitur-fitur dari halaman pengguna dan pengelolaan kategori serta produk pada halaman admin. Pada iterasi kedua melanjutkan pengembangan dengan menambahkan fitur-fitur yang berfokus pada masalah transaksi. Sedangkan iterasi ketiga didapatkan setelah mendapatkan feedback dari customer yaitu menambahkan role seller pada marketplace. Setelah pengembangan selesai, kemudian dilakukan pengujian sistem pada masing-masing iterasi dengan testing berupa black box terhadap penggunaan sistem marketplace oleh user. Pada hasil pengujian ketiga iterasi tersebut menghasilkan informasi bahwa sistem 100% fungsi berhasil berjalan dengan baik, dan 0% fungsi yang tidak berhasil berjalan. Kata Kunci : Extreme programming, Marketplace, Sistem Informasi, Website

Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: HADAYA
Date Deposited: 09 Oct 2024 03:30
Last Modified: 09 Oct 2024 03:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71079

Actions (login required)

View Item View Item