Herningrum, Indah (2024) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Struktur Organisasi terhadap Kinerja Guru Dimediasi Oleh Kecerdasan Emosional dan Inovasi Pembelajaran Guru PAI di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh. S3 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Disertasi Indah (Cover).pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
Disertasi Indah (BAB 1).pdf Download (408kB) |
![]() |
Text
Disertasi Indah (Dapus).pdf Download (495kB) |
![]() |
Text
Disertasi Indah (BAB V).pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
Disertasi Indah (Full).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan (Indah Herningrum).pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
Disertasi Indah (Abstrak).pdf Download (7kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung kepemimpinan Transformasional kepala sekolah dan struktur organisasi terhadap kinerja guru PAI di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh dan untuk menganalisis pengaruh tidak langsung kepemimpinan Transformasional kepala sekolah dan struktur organisasi terhadap kinerja guru dimediasi oleh Emotional Intelligence dan Inovasi Pembelajaran Guru PAI di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif survey. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 445 orang guru PAI. Penarikan sampel dengan teknik total sampling. Kuesioner yang dikembalikan sebanyak 427, sehingga sampel yang digunakan di dalam penelitian ini sebanyak 427 orang guru PAI. Skala yang digunakan dalam pengumpulan data adalah skala Likert yang dikembangkan oleh Taouab & Issor, 2019 pada variabel Kinerja Guru, Sun & Henderson, Johari et al., 2011 pada variabel Kepemimpinan Transformasional, Kaur, Shri & Mital 2019, pada variabel Struktur Organisasi, De Jong & Den Hartog, 2008 pada variabel Inovasi Pembelajaran. Data penelitian diuji dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan aplikasi SmartPLS (Versi 4). Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan kepemimpinan Transformasional kepala sekolah dan struktur organisasi terhadap kinerja guru PAI di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh. Selanjutnya terdapat pengaruh tidak langsung positif yang signifikan kepemimpinan Transformasional kepala sekolah dan struktur organisasi terhadap kinerja guru dimediasi oleh Kecerdasan Emosional dan Inovasi Pembelajaran Guru PAI di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh. Novelty dalam penelitian ini berupa model yang menunjukan bahwa variabel iklim sekolah dapat berperan sebagai variabel mediasi terhadap kinerja guru. Penelitian ini menunjukan perlu penyelenggaraan program pelatihan reguler tentang kecerdasan emosional bagi guru, memasukkan penilaian kecerdasan emosional ke dalam proses evaluasi kinerja guru, mengadakan pelatihan khusus pengembangan keterampilan inovasi bagi guru, program pelatihan kepemimpinan tentang cara menginspirasi dan memotivasi guru serta melakukan evaluasi secara rutin untuk menilai kinerja struktur organisasi dan program-program yang telah diterapkan.
Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Struktur organisasi, Kecerdasan Emosional, Inovasi Pembelajaran, Kinerja Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S3 Kependidikan |
Depositing User: | INDAH HERNINGRUM |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 07:01 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 07:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71299 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |