ANALISIS STRUKTUR, PERILAKU, DAN KINERJA PEMASARAN CABAI MERAH DI KECAMATAN KUMPEH KABUPATEN MUARO JAMBI

Sinaga, Febriana (2024) ANALISIS STRUKTUR, PERILAKU, DAN KINERJA PEMASARAN CABAI MERAH DI KECAMATAN KUMPEH KABUPATEN MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (364kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN .pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Mendeskripsikan gambaran pemasaran cabai merah di Kecamatan Kumpeh. 2). Menganalisis struktur pasar pada pemasaran cabai merah di Kecamatan Kumpeh. 3). Menganalisis perilaku pasar pada pemasaran cabai merah di Kecamatan Kumpeh. 4). Menganalisis kinerja pasar pada pemasaran cabai merah di Kecamatan Kumpeh. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Kumpeh yaitu Desa Maju Jaya dan Desa Mekar Sari dari tanggal 24 Maret sampai 24 April 2024. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan SCP. Sampel dalam penelitian ini yaitu 66 orang petani, 7 pedagang pengumpul, 5 pedagang wholesaler, dan 12 pedagang pengecer. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Pemasaran cabai merah di Kecamatan Kumpeh terdiri dari 2 saluran yaitu a).Saluran I terdiri dari Petani-Pedagang Pengumpul - Pedagang wholesaler - pedagang pengecer - konsumen akhir. b).Saluran II terdiri dari dari petani - pedagang wholesaler - pedagang pengecer - konsumen akhir. Fungsi pemasaran yang dilakukan lembaga pemasaran adalah fungsi pertukaran, fisik, dan fasilitas. Struktur pasar pada pemasaran cabai merah di Kecamatan Kumpeh merupakan struktur pasar oligopsoni. Pada perilaku pasar, lembaga pemasaran yang terlibat memiliki perilaku yang berbeda-beda. Kinerja pasar menunjukkan penyebaran marjin, farmers share, dan rasio keuntungan atas biaya tidak merata pada masing-masing lembaga pemasaran. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, saluran pemasaran II merupakan alternatif saluran pemasaran yang efisien yang dapat dipilih oleh petani. Kata Kunci : Struktur, Perilaku, Kinerja, Pemasaran, Cabai Merah, Kumpeh.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Struktur, Perilaku, Kinerja, Pemasaran, Cabai Merah, Kumpeh
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Sinaga
Date Deposited: 14 Oct 2024 04:32
Last Modified: 07 Oct 2025 08:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71523

Actions (login required)

View Item View Item