Persepsi Guru Terhadap Peran Sekolah Penggerak Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Negeri 7 Kota Jambi.

Nugraha, Muhammad Aji (2024) Persepsi Guru Terhadap Peran Sekolah Penggerak Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Negeri 7 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER AJI 0.2.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB 1 revisi.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB V sblm revisi.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (545kB)
[img] Text
skriipsi revisi sudah sidang-AJI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Abstrak Penelitian.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Pengesahan Baru.pdf

Download (78kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Nugraha, Aji Muhammad. (2024) Persepsi Guru Terhadap Peran Sekolah Penggerak Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Negeri 7 Kota Jambi. : Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (1) Dr. Sofyan, M.Pd. (2) Dr. Robi Hendra, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci: Persepsi Guru, Peran Sekolah Penggerak dan Profesionalisme Guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi guru terhadap peran sekolah penggerak dalam meningkatkan profesionalisme guru serta apa saja kendala atau tantangan yang dihadapi oleh sekolah penggerak dalam menjalankan peran mereka dalam meningkatkan profesionalisme guru. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Kota Jambi, dengan menggunakan penelitian kualitatif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan tiga tahapan, yaitu: Reduksi data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Partisipan dari penelitian ini berjumlah sepuluh orang guru termasuk guru penggerak dan calon guru penggerak. Adapun hasil dari penelitian ialah, terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi persepsi guru terhadap peran sekolah penggerak dalam meningkatkan profesionalisme guru, diantaranya: (1) faktor dukungan dan support yang diberikan oleh pihak sekolah maupun pemerintah, dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan pengembangan diri guru, (2) faktor pembelajaran, (3) faktor sumber daya sarana dan prasarana, serta (4) faktor lingkungan yang ada pada sekolah, termasuk orang tua dan pihak lainnya. Adapun Kendala atau tantangan yang dihadapi ialah sebagai berikut; (1) kurangnya pemahaman tentang kurikulum merdeka program sekolah penggerak, (2) sulitnya mengelompokkan siswa berdasarkan minat dan kemampuannya dalam proses pembelajaran, (3) keterbatasan waktu dan sumber daya fasilitas sarana dan prasarana dalam menjalankan proses pembelajaran, (4) pemahaman dan input dari para siswa akan ilmu pengetahuan yang dapat merubah masa depan mereka.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: NUGRAHA
Date Deposited: 31 Oct 2024 07:05
Last Modified: 31 Oct 2024 07:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71825

Actions (login required)

View Item View Item