Shikin, Nurha (2024) Pengaruh Layanan Informasi Metode Discovery Learning Terhadap Perilaku Pergaulan Bebas Peserta Didik di SMA N 11 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
HAL PENGESAHAN.pdf Download (207kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari layanan informasi dengan Teknik discovery learning untuk meningkatkan pemahaman tentang pergaulan bebas pada pesrta didik SMA N 11 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitan True Ekpserimen atau ekperimen yang sebenarnya dengan menggunakan Pretest-Posttest Group Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI yang berjumlah 312 orang diperoleh berjumlah 75 orang dengan pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instumen angket dengan jumlah item sebanyak 30 item. Teknik analisis data menggunakan perhitungan persentase formula C, uji normalitas dan Paired sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman pergaulan bebas peserta didik pada pretest kelompok eksperimen sebesar 3593 dengan rata-rata 95 dan kelompok kontrol sebesar 3381 dengan rata-rata 92. Dan posttest pada kelompok eksperimen sebesar 4245 dengan rata-rata 111 dan kelompok kontrol sebesar 4104 dengan rata-rata 110. Adapun hasil uji Paired sample t-test diperoleh nilai Thitung kelompok ekperimen -11,483 dan Thitung kelompok kontrol -8.843 dengan nilai signifikansinya pair 1 Si. (2-tailed) 0.000 < 0.05 dan pair 2 Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05 yang menunjukkan Ha diterima. Sehingga hipotesis dinyatakan terdapat pengaruh antara pretest dan posttest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Disarankan pada pembimbinga dan konselor untuk lebih memperhatikan pergaulan peserta didik dan menerapkan layanan informasi dengan Teknik discovery learning sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Keywords: Teknik discovery learning; layanan informasi; pergaulan bebas The aim of this research is to determine the significant influence of information services using discovery learning techniques to increase understanding of promiscuity among students at SMA N 11 Jambi City. This research is a type of Quasi Experimental research with a sample of 38 people with samples taken using simple random sampling. Data collection in this research used the Free Association questionnaire instrument with a total of 30 items. The data analysis technique uses the C formula percentage calculation, normality test and t-test. The research results showed that students' understanding of free association before being given pretest treatment was 87% with a frequency of 33 in the medium category. Meanwhile, the level of understanding of students' free association after being given posttest treatment was 92% with a frequency of 35 in the high category. The results of the t-test obtained obtained a t-count value of -11.483, the significance value of Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05 which indicates Ha is accepted. So the hypothesis is stated that there is an influence between the pretest and posttest. It is recommended that guidance and counseling teachers pay more attention to students' interactions and apply information services using discovery learning techniques according to students' needs. Keywords: Discovery learning techniques information services; promiscuity
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery learning techniques information services; promiscuity |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | shikin |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 06:57 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 06:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71836 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |