Analisis Keterampilan Kolaborasi Belajar Peserta Didik  Dalam Proses Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Project Based Learning  Pada Kurikulum Merdeka Di Sman 13 Kota Jambi.”

Pratama, Sendi (2024) Analisis Keterampilan Kolaborasi Belajar Peserta Didik  Dalam Proses Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Project Based Learning  Pada Kurikulum Merdeka Di Sman 13 Kota Jambi.”. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
A1C420076_Sendi Pratama_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
cover skripsi _ sendi pratama.pdf

Download (88kB)
[img] Text
hal peresetujuan dan pengesahan.pdf

Download (938kB)
[img] Text
Abstrak (v) .pdf

Download (453kB)
[img] Text
bab 1 _ skripsi Sendi Pratama_fkip.pdf

Download (220kB)
[img] Text
bab 5_skripsi sendi Pratama_fkip.pdf

Download (76kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (205kB)

Abstract

Pratama, Sendi., 2024. Analisis Keterampilan Kolaborasi Belajar Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Project Based Learning Pada Kurikulum Merdeka Di SMAN 13 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Ervan Johan Wicaksana, S.Pd., M.Pd, M.Pd.I. (II) Dra. Harlis., M.Si. Kata kunci: project based learning, kurikulum merdeka, keterampilan kolaborasi. Kolaborasi diartikan sebagai kemampuan bekerja sama dengan individu atau kelompok lain untuk mencapai tujuan yang saling menguntungkan. Di tengah perubahan global dan masalah yang semakin kompleks, kemampuan untuk berkolaborasi telah menjadi sangat penting. Karena kolaborasi dapat menghasilkan pemecahan masalah yang lebih baik, memperluas jaringan, dan merangsang inovasi. Berdasarkan observasi yang dilakukan bahwa keterampilan kolaborasi belajar peserta didik masih belum optimal. Hal ini dikarenakan saat diskusi kelompok masih ada miskomunikasi antara guru dan peserta didik didalam kelompok dan keaktivan peserta didik belum tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain penelitian pendekatan kualitatif dengan menggunakan observasi partisipatif wawancara dan analisis dokumen sebagai pengumpulan data utama. Populasi pada penelitian ini adalah kelas 10 Fase E dengan jumlah siswa 288 peserta didik dan 8 kelas. Masing-masing kelas berjumlah 36 peserta didik. Sampel pada penelitian ini menggunakan 36 peserta didik pada kelompok besar, sedangkan sampel pada kelompok ini menggunakan 6 peserta didik pada kelas 10 Fase E2 SMAN 13 Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik pengambilan sampel bertujuan (purposive sampling) dengan melakukan pemilihan sampel yang akan disertai dengan kriteria. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara peserta didik dan guru pengampu biologi, analisis dokumen serta kuisioner untuk peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian keberhasilan keterampilan kolaborasi belajar peserta didik pada proses pembelajaran biologi dengan menggunakan Model Project Based Learning pada kurikulum merdeka di SMA 13 Kota Jambi mendapatkan nilai sebesar 72%. Jadi, pelaksanaan tindakan dengan menerapkan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan keterampilan berkolaborasi siswa yang dimulai dari dapat bekerjasama dengan semua anggota dalam kelompok, memberikan ide, pendapat, dan saran saat bekerja dengan teman, menghormati dan menghargai pendapat dan kinerja anggota kelompok, bertanggung jawab mengelola proyek dengan baik di dalam kelompok, membagi tugas dan pekerjaan sesuai dengan kemampuan masing- masing anggota kelompok, dan menunjukkan kemampuan dalam pengambilan kesimpulan.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: -
Uncontrolled Keywords: project based learning, kurikulum merdeka, keterampilan kolaborasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Pratama
Date Deposited: 11 Nov 2024 07:07
Last Modified: 11 Nov 2024 07:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71964

Actions (login required)

View Item View Item