Analisis Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa di SMPN 5 Kota Jambi

Nurjanah, Nurjanah (2024) Analisis Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa di SMPN 5 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak Skripsi.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB I Skripsi.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB 5 Skripsi.pdf

Download (62kB)
[img] Text
Daftar Rujukan Skripsi.pdf

Download (67kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Pemanfaatan Perpustakaan, Sumber Belajar, Perpustakaan Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar bagi siswa di SMPN 5 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan melibatkan enam partisipan yang terdiri dari kepala perpustakaan, staf perpustakaan, dan siswa SMPN 5 Kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan sekolah telah dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran, terutama untuk kegiatan belajar, mencari informasi, dan rekreasi. Namun, penelitian juga menemukan adanya beberapa kendala yang menghambat optimalisasi perpustakaan, seperti keterbatasan sarana dan prasarana, kurangnya tenaga pustakawan profesional, serta rendahnya minat kunjungan siswa akibat pengaruh teknologi digital. Selain itu, kurangnya variasi koleksi juga menjadi salah satu faktor yang memengaruhi tingkat kunjungan ke perpustakaan. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya peningkatan fasilitas, kualitas koleksi, dan profesionalisme tenaga perpustakaan untuk mengoptimalkan fungsi perpustakaan sebagai sumber belajar. Dengan demikian, perpustakaan dapat lebih berperan dalam mendukung proses pembelajaran dan pencapaian kurikulum di SMPN 5 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nurjanah
Date Deposited: 11 Nov 2024 07:25
Last Modified: 11 Nov 2024 07:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71968

Actions (login required)

View Item View Item