SARTIKA, SARTIKA PENGARUH STRATEGI DIRECT MOTIVATION DENGAN METODE HYPNOTEACHING DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BATANGHARI. JURNAL PENGARUH STRATEGI DIRECT MOTIVATION DENGAN METODE HYPNOTEACHING DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BATANGHARI.
![]() |
Text
COVER.docx Download (239kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (22kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.docx Download (999kB) |
![]() |
Text
BAB I.doc Download (58kB) |
![]() |
Text
BAB V.doc Download (24kB) |
Abstract
ABSTRAK Sartika, 2018. Pengaruh Strategi Direct Motivation dengan Metode Hypnoteaching Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Batanghari: Skripsi, jurusan Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr.Evita Anggereini, M.Si.,(II) Dra. Hj.Muswita,M.Si., Kata kunci: pendidikan, metode hypnoteaching, strategi direct motivation, motivasi belajar Strategi pembelajaran merupakan komponen penting dalam sistem pembelajaran. Guru adalah motivator, aktor dan pemimpin bagi kelas yang diajarnya hendaknya bisa menerapkan strategi Direct Motivation untuk bisa memberikan motivasi belajar pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Direct Motivation dengan metode Hypnoteaching dalam proses pembelajaran terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas VII SMP Negeri 3 Batanghari. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimental dengan desain penelitian berupa Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam desain ini terdiri dari dua kelas yang masing-masing dipilih secara random,yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa hasil skor motivasi siswa dan data kualitatif berupa data yang diperoleh dari komentar siswa. Hasil tes yang diperoleh dilakukan uji homogenitas yang menunjukan bahwa sampel bersifat homogen dengan perolehan Fhitung= 1,02 dan Ftabel= 1,159. Data juga menunjukan normal, dimana hasil uji normalitas diperoleh Lhitung= 0,29 dan Ltabel= 0,147 untuk kelas eksperimen. Data normalitas untuk kelas kontrol yaitu Lhitung= 0,132 dan Ltabel= 0,147. Dari uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa Strategi direct motivation dengan metode hypnoteaching berpengaruh terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas VII SMP Negeri 3 Batanghari dengan thitung = 11,562 dan ttabel 1,997. Dilihat dari jabaran tingkat motivasi pada kelas ekperimen sebelum perlakuan motivasi sebesar 21,78 % dan setelah diberi perlakuan menjadi 29,90 %. Pada kelas kontrol sebelum perlakuan motivasi siswa 21,01 % dan setelah perlakuan menjadi 21,30 %. Berdasarkan tingkatan motivasi, dalam kelas eksperimen sebelum diterapkan perlakuan terdapat 3% siswa dalam kategori siswa sangat termotivasi, 37% siswa termasuk ke dalam kategori siswa termotivasi, dan 60% siswa termasuk ke dalam kategori siswa kurang termotivasi. Namun setelah diterapkan perlakuan maka terdapat peningkatan yaitu 70% siswa sangat termotivasi dan 30% siswa termotivasi. Di dalam kelas kontrol terdapat perubahan motivasi belajar IPA sebelum dan sesudah pembelajaran, yaitu 32% siswa termotivasi, 68% siswa dalam kategori siswa kurang termotivasi. Di akhir pembelajaran terdapat 47% siswa ke dalam kategori termotivasi, 50% ke dalam kategori kurang termotivasi, dan 3% tidak termotivasi. Sehingga disarankan kepada tenaga pendidik terutama guru untuk dapat menggunakan strategi Direct Motivation dalam proses pembelajaran.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SARTIKA |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 02:17 |
Last Modified: | 11 Mar 2019 02:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7200 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |