Aryani, Eva (2024) Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif Materi Aljabar Kelas VII SMP Negeri 1 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (373kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (62kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (851kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir kritis siswa diamati dari proses berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematis ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif materi aljabar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Muaro Jambi tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pemilihan subjek penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Diperoleh 4 siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Muaro Jambi sebagai subjek dengan masing-masing 2 subjek bergaya kognitif reflektif dan impulsif. Instrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti dan instrumen pendukung berupa Matching Familiar Figures Test (MFFT), lembar tes soal pemecahan masalah matematis materi aljabar dan lembar pedoman wawancara. Data yang diperoleh berupa data kualitatif. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa bergaya kognitif reflektif mampu memenuhi indikator berpikir kritis dalam pemecahan masalah matematis yaitu mampu memenuhi indikator focus, reason, inference, situation, dan clarity dalam tahap pemecahan masalah, namun tidak memenuhi indikator overview. Siswa bergaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan soal berpikir kritis cenderung benar dan membutuhkan waktu yang relatif lama. Sedangkan siswa bergaya kognitif impulsif hanya memenuhi sedikit indikator berpikir kritis dalam pemecahan masalah matematis yaitu hanya mampu memenuhi indikator focus dan indikator reason dalam memahami masalah dan clarity dalam merencanakan masalah, namun tidak memenuhi semua indikator berpikir kritis dalam tahap penyelesaian masalah dan memeriksa kembali. Siswa bergaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan soal berpikir kritis cenderung kurang tepat dan membutuhkan waktu yang relatif cepat.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir kritis, pemecahan masalah matematis, gaya kognitif, reflektif, impulsif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ARYANI |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 02:06 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 02:07 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72010 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |