Indamaulani, Zahra (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MATERI KONSERVASI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMP NEGERI 19 MUARO JAMBI. S1 thesis, Pendidikan Biologi.
![]() |
Text
004_ZAHRA INDAMAULANI_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (25MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan.pdf Download (388kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (183kB) |
Abstract
Lembar kerja peserta didik yang digunakan oleh peserta didik kelas VII SMP Negeri 19 Muaro Jambi belum berbasis project based learning sehingga peserta didik kurang aktif dalam melaksanakan pembelajaran. Perlu adanya pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis project based learning yamg dapat membuat peserta didik lebih aktif dalam melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan dan kelayakan lembar kerja peserta didik berbasis project based learning pada materi konservasi keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan R&D dan menggunakan model penelitian 4D (define,design,develop,dessiminate). Intrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kelayakan produk, angket respon guru dan penilaian ujicoba peserta didik. Pada hasil validasi ahli materi Lembar Kerja Peserta didik mendapat persentase akhir 98% dengan kategori “Sangat Layak”, sedangkan validasi ahli media mendapat persentase akhir 94 % dengan kategori “Sangat Layak”. Selanjutnya produk diujicoba kepada siswa yang terdiri dari kelompok kecil dengan persentase 86,9% dengan kategori “Sangat Baik” sedangkan kelompok besar 92,4% dengan kategori “Sangat Baik”. Selanjutnya pada respon guru IPA Lembar Kerja Peserta Didik mendapat persentase sebesar 96% dengan kategori “ Sangat Baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis project based learning pada materi konservasi keanekaragaman hayati layak digunakan oleh peserta didik dan guru untuk penunjang dalam proses pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Indamaulani |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 06:51 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 06:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72591 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |