JUNAINI, JUNAINI (2024) ANALISIS PEMASARAN SAYURAN DENGAN PENDEKATAN SCP (STRUCTURE, CONDUCT, AND PERFORMANCE) DI KECAMATAN KUMPEH ULU KABUPATEN MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
JUNAINI NIM D1B020051.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui gambaran pemasaran sayuran di Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi, 2) Menganalisis saluran pemasaran dan fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan setiap lembaga pemasaran sayuran di Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi, dan 3) Menganalisis pemasaran sayuran dilihat dengan pendekatan SCP (Structure, Conduct, and Performance) di Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan menggunakan kuesioner pada petani dan pedagang sampel serta data sekunder dari literatur. Penelitian dilakukan di Kecamatan Kumpeh Ulu Desa Kasang Lopak Alai, Desa Kasang Kota Karang, dan Desa Solok. Sampel petani yang diambil dari 3 desa tersebut sebanyak 53 orang petani. Lembaga pemasaran yang terlibat terdiri dari 6 pedagang pengumpul dan 22 pedagang pengecer. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemasaran sayuran di Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi terdiri dari dua saluran pemasaran, yaitu: a.) Saluran I terdiri dari petani → pedagang pengumpul → pedagang pengecer → konsumen akhir; b.) Saluran II terdiri dari petani → pedagang pengecer → konsumen akhir. Fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan oleh lembaga-lembaga pemasaran, yaitu fungsi pertukaran, fungsi fisik dan fungsi fasilitas. Struktur pasar pada pemasaran sayuran di Kecamatan Kumpeh Ulu pada tingkat petani merupakan struktur pasar oligopsoni sedangkan tingkat lembaga merupakan struktur pasar oligopoli. Pada perilaku pasar, lembaga pemasaran yang terlibat memiliki perilaku yang berbeda�beda. Sedangkan kinerja pasar menunjukan nilai margin pemasaran, farmer’s share, dan ratio keuntungan biaya yang tidak merata pada masing-masing lembaga pemasaran. Kata Kunci: Pemasaran, Saluran Pemasaran, Sayuran, SCP
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran, Saluran Pemasaran, Sayuran, SCP |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | JUNAINI |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 03:02 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 03:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72746 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |