Pengaruh Metode Bedah Nilai Untuk Mengurangi Perilaku Menyontek Melalui Layanan Informasi Di SMPN 11 Kota Jambi

Bulqis, Putri (2024) Pengaruh Metode Bedah Nilai Untuk Mengurangi Perilaku Menyontek Melalui Layanan Informasi Di SMPN 11 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUTAKA .pdf

Download (9kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (97kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Menyontek dapat merugikan siswa dan orang lain, mendorong terjadinya kebohongan dan ketidakjujuran, serta menyebabkan siswa kehilangan rasa percaya diri dalam menghadapi permasalahan. Memang benar bahwa menyontek sudah menjadi budaya dan kebiasaan di kalangan siswa saat ini dalam mengerjakan tugas sekolah, ulangan, dan belajar. Untuk mengurangi perilaku menyontek salah satunya menggunakan metode bedah nilai melalui layanan informasi dalam pembelajaran, melalui metode bedah nilai ini peserta didik memperolah wawasan dan nilai-nilai yang terkandung di dalam cerita. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh metode bedah nilai melalui layanan informasi untuk mengurangi perilaku menyontek. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain one grup pretest posttest control. Yang di lakukan di SMP N 11 Kota Jambi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IX, dengan sample yang telah ditentukan menggunakna teknik purposive sampling menjadi sebanyak 37 siswa yang menjadi sample kelompok eksperimen. Pengumpulan data menggunakan angket skla likert. Data yang akan peroleh dianalisis menggunakan uji T-test. Berdasarkan hasil data penelitian pretest didapatkan persenstase 73,40% yang masuk dalam katagori tinggi, dan hasil data post test didapatkan persentase 37,6% dengan katagori rendah. Hasil penelitian ini menemukan adanya pengaruh yang signifikan memiliki nilai sig 0,000 < 0,05 dengan r hitung 4,821 > nilai r table 2,030. Yang menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa metode bedah nilai melalui layanan informasi berpengaruh dalam mengurangi perilaku menyontek pada siswa kelas IX di SMP Negeri 11 Kota Jambi. Cheating can harm students and others, promote dishonesty and deceit, and lead to a loss of self-confidence in dealing with challenges. It is undeniable that cheating has become a common habit among students in completing school assignments, tests, and learning activities. One way to reduce cheating behavior is by applying the value exploration method through information services in learning. This method provides students with insights and moral values embedded in stories. This study aims to determine the impact of the value exploration method through information services on reducing cheating behavior. This research employs a quantitative approach using an experimental method with a one-group pretest-posttest design. The study was conducted at SMP Negeri 11 Kota Jambi. The population consists of grade IX students, and the sample, determined using a purposive sampling technique, includes 37 students in the experimental group. Data collection was carried out using a Likert scale questionnaire, and the data were analyzed using a T-test. The pretest results indicate that 73.40% of students fell into the high category of cheating behavior. After the intervention using the value exploration method, the posttest results show a decrease to 37.6%, categorized as low. The statistical analysis revealed a significant effect, with a sig value of 0.000 < 0.05 and r calculated at 4.821 > r table at 2.030. This indicates that H0 is rejected and Ha is accepted.In conclusion, the value exploration method through information services significantly reduces cheating behavior among grade IX students at SMP Negeri 11 Kota Jambi. This method proves to be an effective intervention to address dishonest academic practices among students.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perilaku menyontek, metode bedah nilai, layanan infromasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Bulqis
Date Deposited: 23 Dec 2024 06:37
Last Modified: 23 Dec 2024 06:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72874

Actions (login required)

View Item View Item