EFEKTIVITAS VIDEO AJAR SISTEM DIGESTIF TERHADAP NILAI PRAKTIKUM MAHASISWA KEDOKTERAN TAHUN PERTAMA DI UNIVERSITAS JAMBI TAHUN 2024

Mursalin, Adhywira (2024) EFEKTIVITAS VIDEO AJAR SISTEM DIGESTIF TERHADAP NILAI PRAKTIKUM MAHASISWA KEDOKTERAN TAHUN PERTAMA DI UNIVERSITAS JAMBI TAHUN 2024. S1 thesis, Univeritas Jambi.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Skripsi_Adhywira Mursalin_G1A121043_Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi_Adhywira Mursalin_G1A121043_Cover.pdf

Download (82kB)
[img] Text
Skripsi_Adhywira Mursalin_G1A121043_Lembar Pengesahan.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Skripsi_Adhywira Mursalin_G1A121043_Abstrak.pdf

Download (221kB)
[img] Text
Skripsi_Adhywira Mursalin_G1A121043_Bab I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
Skripsi_Adhywira Mursalin_G1A121043_Bab V.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Skripsi_Adhywira Mursalin_G1A121043_Daftar Pustaka.pdf

Download (235kB)

Abstract

Latar belakang: Anatomi merupakan bidang keilmuan yang penting untuk dipelajari oleh mahasiswa kedokteran, salah satunya antomi sistem digestif. Penggunaan video ajar dinilai mampu meningkatkan pemahaman mahasiwa terkait anatomi manusia serta meningkatkan nilai praktikum mahasiswa. Metode: Penelitian ini dilakukan menggunakan design penelitian quasi experimental with pre-test post-test control group design. Sebanyak 123 sampel diambil menggunakan purposive sampling pada mahasiswa Program Studi Kedokteran FKIK Universitas Jambi angkatan 2024.Instrumen yang digunakan adalah video ajar sistem digestif dan soal pre-test dan post-test praktikum Hasil: Dilakukan pengelompokkan sampel secara acak menjadi dua kelompok, kelompok kontrol dan eksperimen. Nilai rerata pre-test dan post-test kelompok kontrol adalah 28,85 dan 54,75. Nilai rerata pre-test dan post-test Kelompok eksperimen adalah 29,91 dan 62,74. Berdasarkan rerata nilai pre-test, tidak ditemukan perbedaan signifikan (p-value = 0.071) antara kelompok kontrol dan eksperimen. Sedangkan rerata post-test, menunjukkan adanya perbedaan signifikan (p-value = 0.032), dimana kelompok eksperimen memiliki nilai rerata yang lebih tinggi. Kesimpulan: Terdapat perbedaan yang bermakna antara dua kelompok yang menggunakan dan tidak menggunakan video ajar anatomi sistem digestif terhadap nilai praktikum anatomi mahasiswa kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi Kata Kunci: Anatomi,Praktikum, Sistem Digestif, Video Ajar

Type: Thesis (S1)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Kedokteran
Depositing User: MURSALIN
Date Deposited: 17 Dec 2024 04:36
Last Modified: 17 Dec 2024 04:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72940

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item