PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK UNTUK PENINGKATAN PERILAKU PROSOSIAL SMAN 4 KOTA JAMBI

KHAIRUNISA, HALIFAH and Rasimin, Rasimin and Yulianti, Yulianti (2024) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK UNTUK PENINGKATAN PERILAKU PROSOSIAL SMAN 4 KOTA JAMBI. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
SKRIPSI HALIFAH KHAIRUNISA A1E120039.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER HALIFAH.pdf

Download (54kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (882kB)
[img] Text
ABSTRAK HALIFAH.pdf

Download (45kB)
[img] Text
BAB I HALIFAH.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB 5 HALIFAH.pdf

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA HALIFAH.pdf

Download (97kB)

Abstract

Perilaku prososial merupakan aspek penting dalam pengembangan karakter dan interaksi sosial di sekolah. Jika perilaku prososial ini tidak ditingkatkan, maka dapat terjadi kesenjangan dalam hubungan antar siswa. Oleh karena itu, untuk mendorong peningkatan perilaku prososial, digunakan layanan bimbingan dan konseling, yaitu layanan bimbingan kelompok dengan teknik Modeling Simbolik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perilaku prososial sebelum dan sesudah diberikan layanan, pengaruh dari layanan bimbingan kelompok dengan Teknik Modeling Simbolik terhadap peningkatan perilaku prososial siswa di SMAN 4 Kota Jambi. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dan variasi pre-eksperimen one group Pretest Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI.F2, XI.F5 dan XI.F6. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu yang direkomendasikan oleh guru BK di SMAN 4 Kota Jambi, sehingga didapatkan 10 siswa sebagai sampel. Instrumen pengumpulan menggunakan kuesioner yang terdiri dari 38 butir pertanyaan terkait perilaku prososial. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pendekatan KIN (Kontinum Internal Normatif), uji normalitas, dan uji T-test untuk menguji perbedaan. Hasil rata-rata Pretest siswa sebelum diberikan treatment sebesar 139,7 yang dikategorikan SEDANG dan setelah diberikan treatment rata-rata treatment rata-rata 158,3 dikategorikan TINGGI. Uji T-Test menunjukkan nilai Nilai Thitung sebesar -8,278 jika dibandingkan dengan T-tabel (2,228) dalam bentuk nilai absolut (|T-hitung| = 8,278), menunjukkan bahwa T-hitung lebih besar dari T-tabel (|T-hitung| > T-tabel), dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000, menunjukkan perbedaan signifikan antara Pretest dan Posttest. Maka dapat disimpulkan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok dengan Teknik Modeling Simbolik berpengaruh terhadap peningkatan perilaku prososial siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: KHAIRUNISA
Date Deposited: 19 Dec 2024 07:16
Last Modified: 19 Dec 2024 07:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72986

Actions (login required)

View Item View Item