Rizki, Putri Tri (2024) Pengaruh Regulasi Diri terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMA N 1 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (316kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (393kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan awal peneliti di SMA N 1 Muaro Jambi yang menunjukkan bahwa masih ada siswa yang kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran, seperti tidak memperhatikan penjelasan guru, hanya diam saat sesi tanya jawab, enggan membaca materi, serta berbicara dengan teman saat guru menjelaskan. Ketidakaktifan ini salah satunya disebabkan kurangnya regulasi diri, yaitu kemampuan siswa dalam mengelola perilaku, emosi dan dorongan belajar. Regulasi diri yang baik memungkinkan siswa menetapkan tujuan belajar yang jelas, meningkatkan dorongan belajar dari dalam diri, sehingga lebih terlibat aktif dalam proses pembelajaran.Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode expost-facto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh regulasi diri terhadap keaktifan belajar siswa di SMA N 1 Muaro Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Muaro Jambi dengan jumlah populasi sebanyak 1.106siswa dan sampel sebanyak 294 siswa yang ditetapkan menggunakan formula slovin dengan teknik penarikan proportionate random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu angket regulasi diri dan angket keaktifan belajar dengan pengukuran skala likert. Untuk mengukur ketepatan instrumen dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Data penelitian kemudian dilakukan analisis persentase, uji normalitas, uji linearitas, dan analisis regresi sederhana.Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat regulasi diri berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 67,86% dan hasil persentase keaktifan belajar sebesar 59,78% berada pada kategori sedang. Kontribusi pengaruh dari variabel X terhadap variabel Y berdasarkan R Square adalah sebesar 0,156 atau 15,6% dengan kategori rendah tapi pasti. Kemudian, angka koefisien regresi sebesar 0,296menunjukkan bahwa keaktifan belajar (Y) akan meningkat sebesar 0,296 untuk setiap kenaikan 1% regulasi diri (X). Dilanjutkan dengan uji T dimana thitung 7.356 > ttabel 1,960 dengan siginifikansi 0,05 yang berarti bahwa regulasi diri berpengaruh terhadap keaktifan belajar. Kata Kunci : Regulasi diri, Keaktifan Belajar
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Regulasi diri, Keaktifan Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | RIZKI |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 07:36 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 07:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73105 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |