PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN CREATIVE SELF EFFICACY SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI PELUANG

Septianingrum, Arika and Winarni, Sri and Marlina, Marlina (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN CREATIVE SELF EFFICACY SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI PELUANG. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi Arika Septianingrum (A1C220044).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Cover Skripsi Arika Septianingrum (044).pdf

Download (35kB)
[img] Text
Halaman pengesahan .pdf

Download (365kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (139kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (145kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (215kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (215kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan E-Modul yang dapat meningkatkan creative self efficacy dan menilai kualitas dari produk yang dihasilkan. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan ialah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian dan pengembangan yaitu dosen Pendidikan matematika sebagai tim ahli, guru matematika sebagai subjek uji coba perorangan dan siswa kelas VIII K SMP N 11 Kota Jambi sebagai subjek pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Selanjutnya angket validasi materi dan desain, angket praktikalitas, angket efektifitas, angket creative performance self efficacy (CPSE) dan tes creative thinking self efficacy (CTSE) digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan kualitas E-Modul berdasarkan aspek valid, praktis dan efektif. Kualitas dari aspek valid ditunjukkan dari hasil validasi materi yang mencapai 93% dengan kriteria “Sangat Valid” dan hasil validasi desain mencapai 86 % dengan kriteria “Sangat Valid”. Kualitas dari aspek praktis diperoleh dari hasil pada uji coba perorangan sebesar 86% dengan kriteria “Sangat Valid” dan uji kelompok kecil sebesar 86 % dengan kriteria “Sangat Valid”. Pada aspek efektif ditunjukkan dari uji coba kelompok besar dari angket efektifitas (respon siswa) sebesar 80,25 % dengan kriteria sangat efektif. Hasil perhitungan angket creative performance self efficacy ialah sebesar 97,2% dengan kategori “Sangat Efektif”. Sedangkan hasil perhitungan N-Gain tes creative thinking self efficacy sebesar 0,60 dengan kriteria peningkatan sedang dan presentase keefektifan sebesar 60 % dengan kriteria cukup efektif. Adanya E-Modul ini diharapkan bisa menjadi bahan ajar tambahan bagi guru ataupun siswa dalam proses pembelajaran serta dapat meningkatkan creative self efficacy dan dapat menjadi sumber rujukan bagi peneliti lain karena masih belum banyak penelitian mengenai creative self efficacy.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Septianingrum
Date Deposited: 24 Dec 2024 07:56
Last Modified: 24 Dec 2024 07:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73121

Actions (login required)

View Item View Item