Sintya, Dinda (2024) Meningkatkan Kreativitas Belajar Sejarah dengan Menerapkan Media Pembelajaran Infografis Berbasis Aplikasi Canva Pada Siswa Kelas XI Fase 4 SMA Negeri 6 Batanghari. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (59kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (79kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Sintya, Dinda. 2024. Meningkatkan Kreativitas Belajar Sejarah dengan Menerapkan Media Pembelajaran Infografis Berbasis Aplikasi Canva Pada Siswa Kelas XI Fase 4 SMA Negeri 6 Batanghari: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Budi Purnomo, M.Hum, M.Pd, (II) Anny Wahyuni, S.Pd, M. Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Infografis, Aplikasi Canva, Kreativitas Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas belajar siswa melalui penerapan media pembelajaran infografis berbasis aplikasi canva pada mata pelajaran sejarah. Kreativitas belajar siswa perlu ditingkatkan melalui penggunaan media pembelajaran binfografis. Oleh karena itu, rumusan masalah penelitian yaitu “Apakah penerapan media pembelajaran infografis berbasis aplikasi canva dapat meningkatkan kreativitas belajar sejarah siswa kelas XI fase 4 SMA Negeri 6 Batanghari?” Metode dan teknik penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Sunjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Fase 4 SMA Negeri 6 Batanghari yang berjumlah 34 siswa, yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Variabel yang diteliti meliputi peningkatan kreativitas belajar yang berhasil dicapai oleh siswa setelah dilaksanakan pembelajaran selama tiga siklus, dimana dalam satu siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif data kuantitafif dan data kualitatif. Teknik analisis pada data kuantitatif yaitu dengan menghitung rata-rata persentase tingkat kreativitas belajar siswa. Sedangkan teknik analisis data pada data kualitatif yaitu deskripsi kegiatan selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kreativitas belajar siswa kelas XI Fase 4 SMA Negeri 6 Batanghari saat belajar menggunakan media pembelajaran infografis. Diketahui bahwa nilai rata-rata pratindakan sebesar 43%. Pada siklus I tindakan 1 nilai rata-rata kreativitas belajar siswa yaittu 54%, dan pada tindakan 2 nilai rata-rata kreativitas belajar siswa sebesar 60%. Pada siklus II tindakan 3 nilai rata-rata kreativitas belajar siswa sebesar 69% dan pada tindakan 4 nilai rata-rata kreativitas belajar siswa mencapai 75%. Pada siklus III tindakan 5 nilai rata-rata kreativitas belajar siswa meningkat menjadi 78% dan pada tindakan 6 nilai rata-rata kreativitas belajar siswa mencapai 82%. Hasil tersebut melebihi kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan yaitu 70%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran infografis berbasis aplikasi canva dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa di SMA Negeri 6 Batanghari.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Infografis, Aplikasi Canva, Kreativitas Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | SINTYA |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 06:41 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 06:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73126 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |