Aisyah, Siti (2024) PENGEMBANGAN MEDIA ADAPTIF MENGGUNAKAN VIDEOSCRIBE DAN H5P DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (6kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan dan pengesahan .pdf Download (459kB) |
![]() |
Text
Skripsi Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
Abstract
Aisyah, Siti. 2024. Pengembangan Media Adaptif Menggunakan Videoscribe Dan H5p Dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Aljabar Di Kelas VII SMP. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dra. Sofnidar, M.Si., (2) Khairul Anwar, S.Pd., M.Pd., DSBIZ. Kata Kunci : Video, PBL, Kemampuan Pemecahan Masalah, Aljabar. Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah karena kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Kota Jambi masih tergolong rendah yang ditunjukan pada saat peneliti melakukan observasi awal dan hasil belajar siswa, siswa masih cenderung tidak bisa mengerjakan soal yang diberikan, dan juga pembelajaran masih berpusat kepada guru dengan belum adanya teknologi dan multimedia pembelajaran yang ada pada sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh Media Adaptif Menggunakan Videoscribe Dan H5P Dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Aljabar Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dengan subjek penelitian ini adalah dosen pendidikan matematika FKIP Universitas Jambi sebagai tim ahli validasi materi, validasi desain dan validasi multimedia, guru matematika kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Jambi, serta peserta didik Kelas VII SMP Negeri 9 Kota Jambi. Dan untuk instrument pengumpulan data dengan 3 kriteria yaitu kevalidatan, kepraktisan dan keefektifan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa diberikan pre-test dan pos-test. Dengan tingkat kualitas berdasarkan 3 kriteria yaitu : kevalidatan, kepraktisan dan keefektifan yang diperoleh dari : (1) presentase kevalidan multimedia interaktif dari ahli materi 81% (sangat valid) , ahli desain 83,3% (sangat valid) dan ahli multimedia 85% (sangat valid), (2) presentase kepraktisan multimedia interaktif oleh pendidik 96% (sangat praktis) dan peserta didik 87,8 % (sangat praktis), (3) presentase keefektifan multimedia interaktif angket respon siswa 84,2% (sanagt efektif) serta dari tes hasil belajar berupa pre-test dan pos-test dengan menggunakan N-Gain sebanyak 1 orang kriteria rendah, 15 orang kriteria sedang dan 14 orang kriteria tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan Uji N-Gain penggunaan Media Adaptif Menggunakan Videoscribe Dan H5p Dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video, PBL, Kemampuan Pemecahan Masalah, Aljabar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | AISYAH |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 03:05 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 03:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73347 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |