Zahria, Desma Latifah (2024) Pengembangan E-Modul Berbentuk Interaktif Berbasis STEAM Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Siswa SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
Skripsi Desma FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf Download (70kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mendeskripsikan e-modul berbentuk interaktif berbasis STEAM dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, and evaluation). Hasil dari penelitian menunjukkan adanya tingkat keefektifan e-modul dievaluasi berdasarkan respon siswa setelah menggunakan produk dalam kegiatan pembelajaran di kelas VIII C SMP N 14 kota Jambi yang melibatkan 29 orang siswa. Hasilnya menunjukkan persentase sebesar 90,1% dengan kriteria “Sangat Efektif”. Selain itu, untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa, dilakukan pretest dan posttest setelah menggunakan e-modul. Perhitungan N-Gain menunjukkan bahwa 22 siswa termasuk dalam kriteria “Tinggi” sementara 7 siswa termasuk dalam kriteria “Sedang”. Rata-rata nilai N-Gain yaitu diperoleh sebesar 0,75 dengan kriteria peningkatan “Tinggi” dengan rata-rata persentase sebesar 75% dengan kriteria “sangat efektif”. Dengan demikian, e-modul efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STEAM , E-Modul, Komunikasi Matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ZAHRIA |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 03:01 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 03:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73360 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |