Pengaruh Praktikum Sederhana Pada Materi Laju Reaksi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 2 Sungai Penuh

hasnita, aufa (2024) Pengaruh Praktikum Sederhana Pada Materi Laju Reaksi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 2 Sungai Penuh. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
cover.pdf

Download (41kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (30kB)
[img] Text
AUFAHASNITA_A1C119040_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB daftar pustaka.pdf

Download (109kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Ilmu kimia bersifat eksperimen oleh karena itu, saat pembelajaran di kelas sebaiknya guru menunjukkan manfaat kimia dalam lingkungan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran kontekstual merupakan model pembelajaran yang menghubungkan isi pelajaran dengan situasi dunia nyata yang dialami siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan. Penelitian ini memiliki tujuan Untuk mengetahui pengaruh praktikum sederhana pada materi laju reaksi terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMAN 2 Sungai Penuh. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester ganjil SMA Negeri 2 Sungai Penuh. Teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling, diperoleh sampel penelitian yaitu XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen menggunakan belajar dengan penerapan praktikum sederhana dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol pembelajaran dengan mengamati video praktikum . Desain penelitian adalah nonequivment control group desain. Uji statistika yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Rata-rata nilai postes kelas eksperimen 79,51 dan kelas kontrol 52,34. Dengan kata lain terdapat pengaruh variabel Peran praktikum sederhana terhadap hasil belajar peserta didik yang dibuktikan dengan nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Dengan demikian keputusan yang diambil bahwa Praktikum sederhana (X) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh Pembelajaran praktikum sederhana (X) terhadap Hasil belajar (Y). Kata Kunci : Praktikum Sederhana, Pratikum, Hasil Belajar

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Praktikum Sederhana, Pratikum, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Hasnita
Date Deposited: 06 Jan 2025 02:37
Last Modified: 06 Jan 2025 02:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73372

Actions (login required)

View Item View Item