Putra, M. Fikry Dwi (2025) STUDI LITERATUR INTERPROFESSIONAL EDUCATION (IPE) DENGAN METODE COMMUNITY BASED LEARNING. S1 thesis, Kedokteran.
![]() |
Text
skripsi_Studi_literatur_pembelajaran_IPE_dengan_metode_CBL.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (54kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (47kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (181kB) |
Abstract
Latar belakang : Interprofessional Education (IPE) adalah suatu pendekatan dalam pendidikan kesehatan yang melibatkan mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu untuk belajar bersama. Menggunakan metode community based learning (CBL). Tujuan : Untuk mengetahui pembelajaran interprofessional education (IPE) dengan metode community based learning. Metode : penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur dengan penelusuran artikel melalui mesin pencari Google Scholar, PubMed, Science Direct, The Asia Pacific Scholar (TAPS). Hasil : Berdasarkan hasil review dari 8 literatur. Program studi yang terlibat dalam IPE dengan metode CBL adalah kedokteran, keperawatan, farmasi, ilmu gizi, kesehatan masyarakat, promosi kesehatan, dan kedokteran gigi. Metode pembelajarannya yaitu adanya perkuliahan, diskusi, workshop hingga terjun langsung ke masyarakat. Hambatan yang sering dijumpai berupa budaya hierarki dan pengaturan jadwal yang sering bertabrakan. Adapun manfaat yang paling dirasakan dengan adanya pelaksanaan IPE dengan metode CBL adalah meningkatnya kemampuan kolaborasi dan komunikasi antar profesi kesehatan. Kesimpulan : Kurikulum IPE dengan metode CBL dapat diimplementasikan dalam berbagai program yang melibatkan dua atau lebih program studi kesehatan yang berbeda dengan cara turun langsung ke masyarakat. Meskipun dalam pelaksanaannya terdapat hambatan, pelaksanaan IPE dengan metode CBL tetap layak dan direkomendasikan karena memberikan manfaat untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi, kerjasama tim, komunikasi, softskills dan skills mahasiswa antar profesi. Kata Kunci : interprofessional education, community based learning, berbasis komunitas.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Kedokteran |
Depositing User: | PUTRA |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 03:49 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 03:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73379 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |