PERAN PROGRAM LES BELAJAR NONFORMAL DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SD IT ASY-SYIFA AL-INAYAH 6 KOTA JAMBI

Kurnia, Hera (2025) PERAN PROGRAM LES BELAJAR NONFORMAL DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SD IT ASY-SYIFA AL-INAYAH 6 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI HERA KURNIA_I1A220039_JULI 2024.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER. HERA.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Halaman persetujuan, pengesahan. Hera.pdf

Download (593kB)
[img] Text
ABSTRAK. HERA.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB 1. Hera.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB 5. Hera.pdf

Download (215kB)
[img] Text
Daftar Rujukan. Hera.pdf

Download (403kB)

Abstract

ABSTRAK Kurnia, Hera 2024. “Peran Program Les Belajar Nonformal dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa SD IT Asy-Syifa Al-Inayah 6 Kota Jambi” Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi. Kata Kunci: Program Les Nonformal, Motivasi Belajar, Bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran program les belajar nonformal dalam menumbuhkan motivasi belajar Bahasa Arab pada siswa SD IT Asy-Syifa Al-Inayah 6 Kota Jambi. Penelitian ini dilaksanakan di SD IT Asy-Syifa Al-Inayah 6 Kota Jambi. Waktu penelitian dimulai dari bulan April-Juni tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dan sumber data yang digunkan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I hingga kelas VI yang mengikuti program les belajar nonformal Bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program les belajar nonformal berperan sebagai pelengkap, tambahan, dan pengganti dalam pembelajaran nonformal. Siswa yang mengikuti les menunjukkan adanya pertumbuhan motivasi belajar yaitu peningkatan minat belajar, perubahan motivasi, dan ketertarikan mengikuti les dalam belajar Bahasa Arab. Penelitian ini menyimpulkan bahwa program les belajar nonformal merupakan salah satu peran untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Bahasa Arab siswa. Disarankan agar sekolah-sekolah lain dapat mempertimbangkan implementasi program serupa untuk membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar dan mencapai hasil belajar yang optimal.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: KURNIA
Date Deposited: 06 Jan 2025 06:43
Last Modified: 06 Jan 2025 06:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73456

Actions (login required)

View Item View Item