Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga dengan Kematangan Emosi Siswa Kelas VIII SMPN 5 Kota Jambi

Kharisma, Indah (2024) Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga dengan Kematangan Emosi Siswa Kelas VIII SMPN 5 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak indah.pdf

Download (21kB)
[img] Text
Bab 1 indah.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Bab 5 indah.pdf

Download (23kB)
[img] Text
Cover indah.pdf

Download (27kB)
[img] Text
Daftar pustaka indah.pdf

Download (24kB)
[img] Text
Full skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Halaman pengesahan indah .pdf

Download (512kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Ketidakstabilan atau ketidakkonsistenan sikap orangtua, mempersulit anak melihat hubungan sebab akibat dari perilakunya dengan sikap orang tua yang diterimanya. Dampaknya akan meluas pada kemampuannya dalam memahami kejadian atau peristiwa-peristiwa lain. Tanpa disadari konflik dalam keluarga akan berakibat kesenjangan hubungan emosional anak dengan orang tua ataupun dengan anggota keluarga yang lain. Penelitian ini dibatasi pada keharmonisan keluarga dan kematangan emosi siswa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Jambi Tahun Ajaran 2023/2024. Anak-anak yang kebutuhan emosionalnya tidak terpenuhi akibat problem yang dialami, seperti kurangnya keharmonisan dalam keluarga akan berpotensi mengalami masalah emosional di kemudian hari. Jenis penelitian ini dengan penelitian korelasional, sehingga peneliti dapat memperoleh informasi mengenai taraf hubungan yang terjadi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2024 yang dilaksanakan di SMPN 5 Kota Jambi. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas VIII yang terdiri dari kelas VIII A hingga VIII J di SMPN 5 Kota Jambi, dengan perhitungan rumus slovin diperoleh jumlah sampel 179 orang Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi antara keharmonisan keluarga dan kematangan emosi menunjukkan bahwa terdapat hubungan linear sempurna antara keharmonisan keluarga dan kematangan emosi siswa SMPN 5 Kota Jambi. Angka signifikansi yang dihasilkan adalah 0,000 <0,05. Artinya terdapat hubungan yang cukup signifikan antara variabel Keharmonisan Keluarga dan kematangan emosi. Sementara nilai signifikansi 0,000 dan kurang dari alpha 0,05 menujukkan adanya hubungan yang signifikan, artinya perubahan pada keharmonisan keluarga akan secara signifikan berdampak pada kematangan emosi. Kata Kunci : Keharmonisan Keluarga, Kematangan Emosi, Siswa SMP.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keharmonisan Keluarga, Kematangan Emosi, Siswa SMP.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KHARISMA
Date Deposited: 06 Jan 2025 08:01
Last Modified: 06 Jan 2025 08:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73468

Actions (login required)

View Item View Item