Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Nearpod dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN 4 Tanjung Jabung Barat Tahun Pelajaran 2023/2024

Syamsuddin, M. Asis (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Nearpod dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN 4 Tanjung Jabung Barat Tahun Pelajaran 2023/2024. S2 thesis, Pacasarjana.

[img] Text
Full Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Lembar Pengesahan tesis Asis.pdf

Download (251kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (67kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Dapus.pdf

Download (208kB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan maka ditemukan masalah yaitu rendahnya hasil belajar siswa dilihat dari persentase ketuntasan nilai siswa kelas X SMAN 4 Tanjung Jabung Barat, Belum optimalnya guru menggunakan media pembelajaran sebagai alat bantu mengajar, Media pembelajaran yang digunakan oleh guru SMAN 4 Tanjung Jabung Barat belum variatif sehingga siswa merasa bosan atau jenuh, Pemanfaatan internet oleh siswa hanya sebatas bermain tetapi tidak untuk belajar serta masih minimnya penggunaan media pembelajaran berbasis internet di sekolah. dan Rendahnya semangat atau motivasi siswa untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Motivasi terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis internet (Nearpod) dalam hasil belajar siswa kelas X SMAN 4 Tanjung Jabung Barat. Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Tanjung Jabung barat pada 2024. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi ekperiment). Sumber data penelitian ini menggunakan data primer dari siswa kelas X.1 dan X.2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan tes yang berbentuk pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar. Dan mengolah data menggunakan aplikasi SPSS 22 for windows. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian yaitu Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan penggunaan media pembelajaran secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDN Mayangan 6 Kota Probolinggo. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terhadap siswa kelas X SMAN 4 Tanjung Jabung Barat dapat disimpulkan bahwa: 1) Penggunaan media pembelajaran berbasis internet (Nearpod) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. 2) Media Pembelajaran berbasis internet (Nearpod), siswa dengan motivasi tinggi dalam belajar matematika dapat mencapai nilai maksimal. 3) Dengan Media Pembelajaran berbasis internet (Nearpod), siswa dengan motivasi rendah pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dan 4) Motivas memberikan pengaruh kuat atau positif terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis internet (Nearpod) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran matematika.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Media Pembalajaran Interaktif, Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: M. ASIS SYAMSUDDIN
Date Deposited: 13 Jan 2025 02:47
Last Modified: 13 Jan 2025 02:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73472

Actions (login required)

View Item View Item