PUTRI, AYU RAHMAWATI ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI. JURNAL ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
COVER.docx Download (328kB) |
![]() |
Text
lembar pengesahan.docx Download (457kB) |
![]() |
Text
daftar isi.docx Download (22kB) |
![]() |
Text
BAB I.docx Download (39kB) |
![]() |
Text
BAB V.docx Download (27kB) |
Abstract
ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI Oleh: Ayu Rahmawati Putri1), Fuldiaratman2), Afrida 3) 1Mahasiswa S1 Pendidikan Kimia PMIPA FKIP Universitas Jambi 2Dosen Pendidikan Kimia PMIPA FKIP Universitas Jambi Jambi, Indonesia Email: ayurahmawati282@gmail.com Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya ketertarikan siswa akan materi kimia yang diajarkan dan kurangnya motivasi belajar siswa yang disebebkan oleh pembelajaran yang monoton sehingga dapat mengakibatkan tidak tercapainya tujuan pembelajaran dan hasil belajar pun rendah. Penerapan model pembelajaran yang tepat merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan korelasinya terhadap hasil belajar siswa pada materi termokimia di kelas XI IPA SMAN 2 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan menggunakan kedua data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model oleh guru maupun siswa dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data kualitatif menggunakan Miles and Huberman dan teknik analisis data kuantitatif menggunakan uji korelasi product moment dan analisis koefisien determinasi (r2). Berdasarkan hasil pengolahan data keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) diperoleh hasil 70,56% dan hasil belajar siswa sebesar 70,13%. Nilai analisis korelasinnya yaitu 0,5396. Kemudian dilanjutkan analisis koefisien determinasi didapatkan hasil 28.09%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terlaksana dengan baik dan berpengaruh positif pada materi Termokimia di kelas XI IPA SMAN 2 Kota Jambi terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps), Hasil belajar, Termokimia
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | AYU RAHMAWATI PUTRI |
Date Deposited: | 26 Mar 2019 03:00 |
Last Modified: | 26 Mar 2019 03:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7348 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |