IDENTIFIKASI SIKAP SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 2 MUARO JAMBI

Ningsih, Ratih Surya (2019) IDENTIFIKASI SIKAP SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 2 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1. Halaman Sampul.pdf

Download (30kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (224kB)
[img] Text
10. Daftar Isi.pdf

Download (13kB)
[img] Text
14. BAB I.pdf

Download (397kB)
[img] Text
18. BAB V.pdf

Download (183kB)

Abstract

ABSTRAK Ningsih, Ratih Surya. 2018. Identifikasi Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri 2 Muaro Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dra. Astalini, M.Si (II) Dwi Agus Kurniawan, M. Pd. Kata kunci : Sikap Siswa, Mata Pelajaran Fisika. Fisika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang memberikan pengaruh besar dalam perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. Studi nasional dan internasional menunjukkan bahwa keberhasilan siswa dalam pendidikan fisika lebih rendah dari disiplin ilmu lainnya, hal ini menunjukkan bahwa adanya masalah pada mata pelajaran fisika. Masalah pada mata pelajaran fisika tampak dari sikap siswa yang tidak tertarik pada mata pelajaran fisika, seperti siswa merasa bosan pada saat mata pelajaran fisika, siswa memiliki kekhawatiran saat mata pelajaran fisika, siswa memiliki keinginan yang rendah terhadap mata pelajaran fisika dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap siswa terhadap mata pelajaran fisika di SMA Negeri 2 Muaro Jambi dan untuk mengetahui faktor apakah yang mempengaruhi sikap siswa terhadap mata pelajaran fisika. Setelah mengetahui sikap dan faktor apa saja yang mempengaruhi sikap, kita dapat mengetahui pada indikator sikap apa siswa cenderung mengalami kesulitan/masalah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode mix method (metode kombinasi) dengan desain penelitian Sequential Explanatory. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Muaro Jambi. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket dan wawancara disertai dengan dokumentasi. Hasil sikap siswa terhadap implikasi sosial dari fisika memiliki sikap yang baik dengan persentase 44%. Sikap siswa terhadap normalitas ilmuwan memiliki sikap cukup baik dengan persentase 59%. Sikap siswa terhadap penyelidikan dalam fisika memiliki sikap cukup baik dengan presentase 52%. Sikap siswa terhadap adopsi dari sikap ilmiah memiliki sikap baik dengan persentase 57%. Sikap siswa terhadap kesenangan dalam belajar fisika memiliki sikap baik dengan persentase 48%. Sikap siswa terhadap ketertarikan memperbanyak waktu belajar fisika memiliki sikap cukup baik dengan persentase 55%. Sikap siswa terhadap ketertarikan berkarir dibidang fisika memiliki sikap cukup baik dengan persentase 65%. Sikap siswa terhadap mata pelajaran fisika yang memiliki kategori baik adalah implikasi sosial dari fisika, Adopsi dari sikap ilmiah dan sikap siswa terhadap kesenangan dalam belajar fisika.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Ratih Surya Ningsih
Date Deposited: 26 Mar 2019 06:39
Last Modified: 26 Mar 2019 06:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7357

Actions (login required)

View Item View Item