PENGEMBANGAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI PADA MATA KULIAH STRUKTUR DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN

Mayrani, Dewi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI PADA MATA KULIAH STRUKTUR DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (293kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (709kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media sosial Instagram sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Struktur dan Perkembangan Tumbuhan. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengan Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi; Analisis (Analyze), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Tahap implementasi pada penelitian ini akan dilakukan pada penelitian selanjutnya. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan kuesioner. Pengambilan data menggunakan teknik Random Sampling dan teknik analisis data yang dilakukan terbagi menjadi analisis data kuantitatif dan kualitatif. Objek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Biologi, Universitas Jambi yang telah mengontrak mata kuliah Struktur dan Perkembangan Tumbuhan. Terdapat 6 jenis tumbuhan yang diamati morfologinya, terdiri dari 3 jenis monokotil (Monocotyledoneae) dan 3 jenis dikotil (Dicotyledoneae). Tumbuhan tersebut adalah Sawit (Elaeis guineensis Jacq.), Jagung (Zea mays L.), Pisang (Musa paradisiaca L.), Cabai Rawit (Capsicum frutescens L.), Mangga (Mangifera indica L.), dan Jambu Air (Syzygium aqueum Burm. F). Berdasarkan hasil yang didapat dari penyebaran kuesioner persepsi mahasiswa dan penilaian uji coba, didapatkan sebanyak 83% mahasiswa kelompok kecil dan sebanyak 90% mahasiswa kelompok besar merasa terbantu dengan adanya pengembangan media sosial Instagram. Hasil akhir yang diperoleh dari tes kelayakan produk oleh tim validator ahli media sebesar 88,75% dan ahli materi sebesar 86%. Hasil tersebut menyatakan bahwa pengembangan media sosial Instagram layak untuk diuji cobakan kepada mahasiswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Kemampuan Visualisasi, Instagram, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: MAYRANI
Date Deposited: 09 Jan 2025 01:59
Last Modified: 09 Jan 2025 01:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73710

Actions (login required)

View Item View Item