Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Motivasi Berorganisasi Mahasiswa di Organisasi Kemahasiswaan OK PTQ Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi

Ramadhan, Arya (2024) Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Motivasi Berorganisasi Mahasiswa di Organisasi Kemahasiswaan OK PTQ Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK..pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB V..pdf

Download (325kB)
[img] Text
COVER..pdf

Download (216kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN..pdf

Download (465kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh efikasi diri terhadap motivasi berorganisasi mahasiswa di organisasi kemahasiswaan, penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan di beberapa kampus di Indonesia bahkan di Universitas Jambi, terlihat bahwa tingkat partisipasi mahasiswa dalam organisasi kemahasiswaan mengalami ketidakstabilan. Sebagian mahasiswa tampak antusias dan aktif dalam menjalankan kegiatan organisasi, tetapi sebagian lainnya menunjukkan tingkat motivasi yang rendah atau bahkan mengundurkan diri dari keanggotaan. Tidak sedikit organisasi kemahasiswaan yang mengalami stagnasi akibat minimnya keterlibatan anggota, baik dalam hal pelaksanaan program kerja maupun pengambilan keputusan strategis. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantatif dengan metode penelitian expost-facto dengan analisis regresi linear sederhana. Penarikan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan Purposive Sampling dengan menggunakan alat pengumpul data yaitu angket atau kuesioner model skala likert dengan jumlah total 41 responden. Hasil Penelitian ini menunjukkan tingkat pengaruh efikasi diri dan motivasi berorganisasi mahasiswa dalam kategori tinggi dengan persentase masing-masing 75,6%, analisis regresi sederhana menunjukkan pengaruh signifikan antara efikasi diri terhadap motivasi berorganisasi sebesar 63,0%, termasuk dalam kategori kuat.memiliki nilai sebesar 0,630% (63,0%), Berdasarkan kriteria penafsiran pengaruh determinasi 0,630 atau 63,0% berada pada kategori Tinggi atau Kuat yang artinya adanya hipotesis, artinya ada pengaruh yang tinggi dari efikasi diri (X) terhadap motivasi berorganisasi (Y), yang dimana penelitian ini penting bagi konselor untuk merancang program peningkatan efikasi diri mahasiswa dan motivasi mereka dalam organisasi berperan untuk mahasiswa bimbingan dan konseling agar dapat menggunakan keterampilan mereka dan mengimplementasikan ilmu mereka kepada teman�teman organisasi yang ada dikampus. This research aims to see the influence of self-efficacy on motivation to organize students in student organizations, this research This is motivated by the results of observations on several campuses in Indonesia at Jambi University, it can be seen that the level of student participation in Student organizations experience instability. Some students seems enthusiastic and active in carrying out organizational activities, but in part others show low levels of motivation or even withdraw from membership. Not a few student organizations have experienced this stagnation due to minimal member involvement, both in terms of implementation work programs and strategic decision making. This research uses quantitative research with research methods ex post-facto with simple linear regression analysis. Sampling carried out in this research was using Purposive Sampling with using data collection tools, namely questionnaires or Likert scale model questionnaires with a total of 41 respondents. The results of this research show the level of influence of self-efficacy and Student organizational motivation is in the high category with a percentage respectively 75.6%, simple regression analysis shows the effect significant relationship between self-efficacy and motivation to organize at 63.0%, included in the strong category. has a value of 0.630% (63.0%), Based on the interpretation criteria, the influence of determination is 0.630 or 63.0% in the High or Strong category which means there is a hypothesis, meaning there is high influence of self-efficacy (X) on organizational motivation (Y), This research is important for counselors to design programs increasing student self-efficacy and their motivation in the organization role for guidance and counseling students so they can use it their skills and implement their knowledge with fellow organizations on campus.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Berorganisasi, Efikasi Diri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: RAMADHAN
Date Deposited: 09 Jan 2025 03:25
Last Modified: 09 Jan 2025 03:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73853

Actions (login required)

View Item View Item